Belajar Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dari KPU Kota Serang | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Belajar Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dari KPU Kota Serang

 

Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

Kali ini sanabila.com akan membahas tentang Belajar Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dari KPU Kota Serang.

Kenapa harus KPU Kota Serang ?

         Pada artikel sebelumnya sanabila.com sudah membahas tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. Pada akhir pembahasan terdapat kegiatan pilot project Penyelenggaraan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yang Juara Pertamanya adalah KPU Kota Serang. Tentunya sebagai Juara Pertama mempunyai langkah-langkah atau strategi khusus dalam penyelenggaraan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan pada tahun 2020.

Bagaimana Cara KPU Kota Serang sukses dalam menyelenggarakan Pemutakhiran Data pemilih Berkelanjutan Tahun 2020 ?

         KPU Kota Serang banyak melakukan banyak melakukan inovasi dalam menyelenggarakan program pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Diantaranya :

  • Pengumuman Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan; 

KPU Kota Serang mengumumkan hasil Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di papan pengumuman, di website dan media sosial setiap bulannya. Dengan tujuan agar dapat diakses oleh masyarakat secara umum.

  • Hubungan baik dengan instansi/lembaga serta Stakeholder di lingkungan Kota Serang;

KPU Kota Serang hamper setiap bulannya selalu berkoordinasi dengan disdukcapil Kota Serang. Hasil dari koordinasi tersebut adalah adanya perjanjian kerja sama antara KPU Kota Serang dan Disdukcapil Kota Serang dalam rangka mensukseskan kegiatan pemutakhiran Data Berkelanjutan ini. Selain itu KPU Kota Serang juga membangun komunikasi dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0602/Serang  dan Polres Serang Kota untuk mendapatkan data purnawirawan agar dapat dimasukan ke data pemilih. Beberapa Instansi yang juga ikut serta dalam mensukseskan program data Pemilih Berkelanjutan adalah Kejaksaan Negeri Serang, Kementerian Agama, Bawaslu Kota Serang, Kesbangpol Kota Serang dll.

  • KPU Kabupaten/Kota yang memiliki hubungan yang baik dengan tempat-tempat pemilih rentan, disabilitas, dan Lembaga Pemasyarakatan;

KPU Kota Serang memiliki interaksi yang intens dengan beberapa komunitas disabilitas dengan beberapa kali melakukan audiensi dan melibatkan komunitas disabilitas dalam kegiatan kepemiluan. Selain itu juga ada pemilih rentan yang berada di Dinas Sosial Provinsi Banten, dan Lembaga permasayarakatan (Lapas) Serang. Koordinasi ke kedua lembaga yang terakhir disebutkan adalah untuk memperoleh data yang akurat untuk menyukseskan kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

  • Sosialisasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan;

Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan KPU Kota Serang dilakukan dengan 2 (dua) metode. Metode tatap muka secara langsung dan tidak langsung.

Metode langsung

KPU Kota Serang mensosialisasikan Program Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dengan metode tatap muka kepada Partai Politik, SMA, pondok pesantren, dan Universitas di Kota Serang dalam bentuk audiensi, pemaparan materi dll.

Metode tidak langsung

KPU Kota Serang Serang mensosialisasikan Program Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dengan metode tidak langsung dengan memaksimalkan peran media, baik itu media cetak, media online, radio dan media sosial KPU Kota Serang. 

Semua metode sosialisasi tersebut dilakukan untuk menjawab pertanyaan. Apa Sih Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Itu ?, mekanisme pelaporannya seperti apa ?, manfaatnya apa program ini bagi masyarakat ?

KPU Kota Serang juga menghimpun berbagai video pendek terkait dengan ajakan untuk mensukseskan program pemutakhiran data pemilih ini. Seperti video pendek dukungan dari Walikota Serang, Bawaslu Kota Serang dan Disdukcapil Kota Serang semua video pendek tersebut ada di Youtube dan Media Sosial KPU Kota Serang. Sedemikian pentingnya Program Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, Walikota Serang sampai mengeluarkan Maklumat Walikota Serang Nomor 275/743/III/2020 tentang Gerakan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

  • Inovasi KPU Kota Serang dalam menyelenggarakan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan;

   Give Away

                 KPU Kota Serang memberikan give away kepada masyarakat Kota Serang yang melaporkan data pemilih dalam program “gebyar hadiah Data Pemilih Berkelanjutan”. Tujuannya adalah meningkatkan  peran serta masyarakat untuk peduli dengan data pemilih untuk pemilu yang lebih baik.

Aplikasi SI Apem

                       Ditengah situasi covid-19 KPU Kota Serang mengembangkan sebuah aplikasi yang mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi pemilu, cek data pemilih dan melaporkan data Pemilih yang Belum Terdaftar Sebagai Pemilih; Pemilih yang Mengalami Perubahan Identitas; Pemilih yang Masuk Dalam Kategori Pemilih Pemula  (Berusia 17 Tahun); Pemilih yang Anggota Keluarganya Meninggal Dunia; Pemilih yang Pindah domisili; dan Pemilih yang Alih status Pekerjaan TNI dan Polri. Jadi, dengan adanya aplikasi ini masyarakat tidak perlu lagi datang ke KPU Kota Serang untuk mendapatkan informasi atau melakukan pelaporan. cukup download saja aplikasi Si Apem. Untuk lebih detailnya tentang aplikasi Si Apem akan dibahas dalam artikel selanjutnya.

 

Artikel lainnya :

Written by: sanabila.admin
Sanabila, Updated at: 7/05/2021