Tips Dan Tricks Reading Test TOEIC | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Tips Dan Tricks Reading Test TOEIC

Tips Dan Tricks Reading Test TOEIC

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang  Tips Dan Tricks Reading Test TOEIC, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa ini merupakan salah satu bagian dari keseluruhan test TOEIC. Dalam tes reding ini terdapat 4 (empat) bagian yaitu incomplete santance, incomplete pharagraph, error recognition dan reading comprehension. Keempat bagian reading test tersebut memiliki karakteristik yang berbeda sehingga untuk tips dan trick yang lebih spesifik akan di bahas di artikel yang berbeda. 

Secara umum, Berdasarkan pendapat dari Trew (dalam hanifah 2012:16) Secara umum tips dan trick dalam mengerjakan test Listening Cmprehension ini adalah :
  • Plan your time carefully (Rencanakan waktu yang peserta tes miliki secara baik)
  • Don‘t leave any questions unanswered – make your best “guess” (Jangan membiarkan satu pertanyaan pun tidak dijawab – buatlah “perkiraan” paling baik)
  • Don‘t spend too much time on the instructions for each part of the test (Jangan menghabiskan banyak waktu pada instruksi soal di tiap bagian tes).
  • Use the order of the questions as a guide (Gunakan urutan soal sebagai panduan dalam mengerjakan soal tes).
  • Become aware of the features that can make incorrect answer choice attractive (Waspada pada bagian-bagian dalam soal atau pilihan jawaban yang membuat peserta tes lebih memilih pilihan jawaban salah).

Gambar 1 dan 2 merupakan hasil dari salah satu penelitian yang diambil dari beberapa buku latihan tes TOEIC yang diterbitkan oleh Barron’s Educational Series, Prentice Hall, dan Longman. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi dan penjelasan yang komprehensif mengenai sejumlah aspek yang terkait dengan butir butir soal yang ada.

Tips Dan Tricks Reading Test TOEIC
Sumber : Fauziati,Endang.2016. ANALISIS PERTANYAAN PADA BUTIR SOAL READING COMPREHENSION PADA TEST TOEIC. Jurnal penelitian humaniora, Vol.17, No.1. Universitas Muhamidiyah : Surakarta. Hal 18



Pada bagian tes dengan tipe soal completion dan Error recognition menyatakan bahwa komponen-komponen yang dibahas dalam test tersebut adalah penguasaan vocabulary (54.34%), Class of words (15%) (Verb, Noun, Adjective), Verb tense (11.33%), determiner (5.33%) preposition (4%), conjunction (3.67%), Degree of comparison in Adjective (3.33%), dan Conditional sentence (3%). Sehingga perlu kiranya para peserta test TOEIC untuk memperkaya penguasaan Vocabulary dan Grammer agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Semua bagian tersebut juga sudah dibahas pada artikel sebelumnya di sanabila.com.

Tips Dan Tricks Reading Test TOEIC
Sumber : Fauziati,Endang.2016. ANALISIS PERTANYAAN PADA BUTIR SOAL READING COMPREHENSION PADA TEST TOEIC. Jurnal penelitian humaniora, Vol.17, No.1. Universitas Muhamidiyah : Surakarta. Hal 20

Konteks bacaan pada butir soal Reading Comprehension meliputi bisnis, manufacturing, finance and Budgeting, Offices, personnel, purchasing, housing/corporate property, travel, dining out, entertainment, dan Health (Fuziati, Endang 2016 : 9). Sedangkan pola pertanyaan Reading Comprehension meliputi:
  • Informasi yang tersurat dalam teks sebesar 76% 

contoh :
What is the minimum amount of money that Mr. Liverpool expects to receive?
a. $300
b. $1,200
c. $1500
d. $1,750
  • Gagasan utama dan kemungkinan judul yang tepat sebesar 16%

Contoh :
Which statement best describes the history of volunteerism?
a. It is a relatively recent type of activity.
b. It is more common now than ever before.
c. It originated in the weaving industry.
d. It was more prevalent in the past than now.
  • Informasi yang tersirat sebesar 5%

Contoh :
According to the memo, what is TRUE?
A. FGA United will secure jobs for all employees.
b. No executives will be made redundant.
c. Not all departments are affected by the merger.
d. Some employees will receive a bonus.
  • Tujuan penulisan  sebesar 2%

Contoh :
What is the purpose of this article?
a. To announce the effect of the Hart Scott Rodino Act on mergers.
b. To inform shareholders about the merger.
c. To publicize a merger of two computer companies.
d. To support the Board of Directors’ decisions.
  • Organisasi teks sebesar 1%

Contoh :
How does this letter begin?
a.  With an expression of regret
b. With an extension of credit
c. With an accounting correction notice
d. With a withdrawal of an offer

Dengan banyaknya soal dengan tipe pertanyaan dengan jawaban yang sudah ada (tersurat) dalam teks tersebut, maka peserta wajib memiliki ketelitian dan pemahaman yang baik mengenai persoalan yang diungkapkan dalam teks bacaan. 

Selain itu peserta harus sering membaca artikel dengan tema bisnis, manufacturing, finance and Budgeting, Offices, personnel, purchasing, housing/corporate property, travel, dining out, entertainment, dan Health.

Daftar Pustaka :
  • Hanifah. 2012. problematika short conversations dalam tes simulasi TOEIC yang dihadapi oleh peserta tes: satu studi kasus pada tes simulasi TOEIC periode November 2010 dan Maret 2011 di Universitas Widyatama. Universitas Widyatama : Bandung.
  • ETS. 2008. Practice Examination for the TOEIC® Test. Hellenic American Union : Athens
  • Fauziati,Endang.2016. ANALISIS PERTANYAAN PADA BUTIR SOAL READING COMPREHENSION PADA TEST TOEIC. Jurnal penelitian humaniora, Vol.17, No.1. Universitas Muhamidiyah : Surakarta.


Baca juga :



Written by: sanabila.admin
Sanabila, Updated at: 1/15/2017