Tips dan Tricks Listening Test TOEIC | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Tips dan Tricks Listening Test TOEIC

Tips dan Tricks Listening Test TOEIC

Tips dan Tricks Listening Test TOEIC

Pada Artikel kali ini sanabila.com akan membahas tentang Tips And Tricks dalam mengerjakan soal-soal Listening pada TOEIC. Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, tes listening pada TOEIC terdiri dari 100 soal dengan 4 (empat) bagian yang berbeda yaitu Photograph, Question-Response, Conversation, Talks. Masing-masing dari keempat bagian tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan pola jawaban yang berbeda pula. Setiap peserta tes pasti menginginkan hasil yang memuaskan dalam mengerjakan Tes TOEIC ini sehingga dibutuhkan tips dan trick dalam mengerjakan setiap bagian soal pada test TOEIC.
Berdasarkan pendapat dari Trew (dalam hanifah 2012:16) Secara umum tips dan trick dalam mengerjakan test Listening Cmprehension ini adalah :
  • Plan your time carefully (Rencanakan waktu yang peserta tes miliki secara baik)
  • Don‘t leave any questions unanswered – make your best “guess” (Jangan membiarkan satu pertanyaan pun tidak dijawab – buatlah “perkiraan” paling baik)
  • Don‘t spend too much time on the instructions for each part of the test (Jangan menghabiskan banyak waktu pada instruksi soal di tiap bagian tes).
  • Use the order of the questions as a guide (Gunakan urutan soal sebagai panduan dalam mengerjakan soal tes).
  • Become aware of the features that can make incorrect answer choice attractive (Waspada pada bagian-bagian dalam soal atau pilihan jawaban yang membuat peserta tes lebih memilih pilihan jawaban salah).

Selain tips dan trick yang dikemukakan oleh trew tersebut ada beberapa tips dan triks lain yang dapat diikuti oleh peserta tes TOEIC untuk dapat mengerjakan soal listening comprehension dan mendapatkan nilai yang terbaik diantaranya adalah :
  • Persiapkan diri anda sebaik mungkin, jangan lupa membawa peralatan yang diperlukan pada saat test dan usahakan makan terlebih dahulu agar lebih berkonsentrasi.
  • Rutin mendengarkan percakapan atau lagu dalam Bahasa Inggris agar anda terbiasa dengan ucapan (pronunciation) orang tersebut. Ini bertujuan agar anda tidak terkecoh terhadap pilihan jawaban yang memiliki ucapan (pronunciation) yang hamper sama, namun memiliki arti yang berbeda. Contoh Beach and Bitch 
  • Pelajari soal-soal TOEIC sebelumnya dari berbagai sumber
  • Memperkaya kosakata (Vocabulary) bahasa inggris anda beserta cara pengucapanya (pronunciation). 
  • Demikianlah tips dan triks yang berlaku secara umum dalam menghadapi tes TOEIC. Akan tetapi Tips dan Trick ini  tidak cukup, anda perlu mempelajari lebih mendalam tips dan trick yang ada di setiap bagian soal TOEIC ini. Tips dan Trick pada setiap bagian ini akan dibahas secara lebih mendalam pada artikel-artikel selanjutnya.


Daftar Pustaka :
Hanifah. 2012. problematika short conversations dalam tes simulasi TOEIC yang dihadapi oleh peserta tes: satu studi kasus pada tes simulasi TOEIC periode November 2010 dan Maret 2011 di Universitas Widyatama. Universitas Widyatama : Bandung 


Share on Google Plus
Written by: Janji Mustawa
Sanabila, Updated at: 1/10/2017