Artikel Lengkap Tentang Tenun Troso Jepara (Bag 1) | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Artikel Lengkap Tentang Tenun Troso Jepara (Bag 1)

Artikel Lengkap Tentang Tenun Troso Jepara (Bag 1). Artikel ini terdiri dari 2 bagian, bagian pertama membahas mengenai tenun troso Jepara mulai dari desa pembuatan, dan sejarah munculnya tenun troso. Selanjutnya pada artikel bagian kedua akan membahas mengenai data jumlah industri dan tenaga kerja, alat pembuatan tenun troso, dan hiruk pikuk tenun troso Jepara.

Artikel Lengkap Tentang Tenun Troso Jepara (Bag 1)
Tenun Troso Jepara


Selain terkenal dengan seni ukirnya, ternyata Jepara memiliki potensi lain yang sangat menarik untuk dibahas. Potensi tersebut adalah kerajinan dalam pembuatan kain tenun. Kain tenun didaerah Jepara dikenal dengan sebutan tenun troso. Hal tersebut dikarenakan bahwa tenun troso merupakan salah satu hasil karya seni asli Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara.

Menurut masyarakat setempat tentang munculnya kegiatan menenun di desa Troso dibakukan dalam sebuah cerita (mitos), bahwa dahulu kala ada tokoh bernama kyai senu dan nyai senu yang pertama kali melakukan pekerjaan menenun dengan tenun emasnya, pekerjaan ini kemudian diperkenalkan kepada masyarakat. Masyarakat masih percaya alat tenun emas itu masih sering muncul di tengah-tengah desa, dikatakan bahwa beberapa orang pernah melihatnya. Walaupun mitos tersebut merupakan suatu bentuk cerita dari mulut ke mulut, tetapi memiliki fungsi sosial bagi masyarakat yang memilikinya (Eko Punto Hendro, 2000:151).

Tenun troso dikenal dengan nama tenun troso karena pembuatannya di desa Troso sesuai dengan nama desa asal pembuatan. Keterampilan membuat Tenun troso sudah dimiliki oleh warga desa Troso sejak tahun 1935, jauh sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Desa Troso Kecamatan Pecangaan kabupaten Jepara merupakan sentra kerajinan Tenun Troso dan merupakan produk unggulan Kabupaten Jepara setelah industri mebel, Desa Troso terletak sekitar 15 Km arah tenggara kota.



Selanjutnya  : Artikel Lengkap Tentang Tenun Troso Jepara (Bag 2) - cooming soon

Share on Google Plus
Written by: Sanabila. com
Sanabila, Updated at: 2/29/2016