Pengertian Tenun | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Pengertian Tenun

Pengertian Kain Tenun
Pengertian Tenun
  
Tenun merupakan hasil karya seni berbentuk produk-produk tenun (kain) yang harus dilestarikan di Indonesia. Proses pembuatannya dikenal dengan istilah 'menenun', yakni menggabungkan benang lungsi dan pakan memanjang dan melintang secara bergantian. Sebelum menenun dilakukan prose 'penghanian', yakni pemasangan benang-benang lungsin secara sejajar satu sama lainnya di alat tenun sesuai lebar kain yang ingin dibuat oleh seniman tenun tersebut.
 

Untuk membuat tenun, para seniman biasanya menggunakan alat tenun tradisional, dan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). ATBM merupakan alat untuk melakukan penenunan yang digerakkan oleh manusia. Alat tenun ini dipakai untuk memegang helai-helai benang lungsin sementara benang pakan dimasukkan secara melintang di antara helai-helai benang lungsin. Pola silang-menyilang antara benang lungsin dan benang pakan disebut anyaman. Sebagian besar produk tenun dibuat dengan menggunakan tiga teknik anyaman: anyaman polos, anyaman satin, dan anyaman keper.

Kain polos didapat dari hasil tenunan benang satu warna, ditenun memakai benang berwarna-warni dengan desain yang artistik dan dekoratif. Kerajinan tenun tradisional Indonesia antara lain lurik, tenun ikat, songket, dan geringsing. Sewaktu membuat tenun ikat, sebelum ditenun menjadi kain, helai-helai benang diikat dan dicelupkan ke dalam pewarna.


Kain tenun ini sudah banyak sekali diproduksi di berbagai daerah Indonesia (baca : daerah penghasil tenun). Contohnya adalah di daerah Jawa, Sumatera dan Sumatera. Biasanya, kain tenun ini diproduksi dalam skala rumahan (home industry).

Pembuatan tenun berkaitan erat dengan budaya, kepercayaan, dan lingkungan alam masing-masing daerah, serta ilmu pengetahuan masyarakat tersebut. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas yang beragam. Maka dari itu, seni tenun pada masing-masing daerahpun memiliki perbedaan. Seni tenun dalam masyarakat selalu memiliki ciri khas yang direpresentasikan dari budaya masyarakat tersebut. Kualitas tenunan biasanya dilihat dari mutu bahan, keindahan tata warna, motif, dan ragi hiasannya.

Jika Anda ingin melihat berbagai macam tenun, Anda bisa berkunjung ke toko kami di sanabilastore.com

Toko kain tenun Nusantara 

Share on Google Plus
Written by: Sanabila. com
Sanabila, Updated at: 1/31/2016