Kamus Asuransi Abjad MB-MI | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Kamus Asuransi Abjad MB-MI

Kamus Asuransi Abjad MB-MI
Kamus Asuransi Abjad MB-MI

Kali Ini sanabila.com akan menyajikan beberapa istilah-istilah Asuransi yang kami beri judul Kamus Asuransi. Kamus Asuransi kali ini abjad Kamus Asuransi Abjad MB-MI.


Istilah
Arti
Mediasi
Proses penyelesaian sengketa yang melibatkan mediator untuk membantu para pihak yang bersengketa guna mencapai penyelesaian dalam bentuk kesepakatan sukarela  terhadap  sebagaian  ataupun  seluruh permasalahan yang disengketakan
Medical application
Surat permintaan pemeriksaan kesehatan. Surat permintaan asuransi yang di dalamnya ada bagian yang harus diisi oleh dokter setelah memeriksa calon tertanggung.
Medical assesment
Penilaian medis. Pemeriksaan hasil medis oleh dokter penasehat/underwriter untuk mengetahui tingkat risiko calon tertanggung.
Medical examination
Pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan terhadap calon tertanggung oleh dokter yang ditunjuk untuk memenuhi persyaratan surat permohonan asuransi. Pemeriksaan kesehatan terhadap pemegang polis / tertanggung yang mengajukan klaim untuk menentukan tingkat ketunaan / kecacatan perlu tidaknya memperpanjang waktu ketidakmampuan (cacat tubuh).
Medical examiner
Dokter pemeriksa. Dokter yang melakukan pemeriksaan kesehatan calon tertanggung asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Dokter ini diseleksi oleh perusahaan asuransi dan semua biaya pemeriksaan kesehatan ditanggung oleh perusahaan. Lihat : medical examination.
Medical expense coverage
Polis biaya kesehatan. Satu bentuk dan asuransi kesehatan yang memyediakan maslahat untuk perawatan sakit atau luka.
Medical expense insurance
Asuransi biaya perawatan. Bentuk jenis asuransi kesehatan yang disiapkan untuk membayar sebagian atau seluruh biaya perawatan kesehatan, misalnya biaya rawat inap, ahli bedah, berobat jalan, harga obat dll.
Medical insurance
Asuransi kesehatan. Lihat : medical expense insurance.
Medical referee / adviser
Penasihat medik. - orang yang berpredikat dokter yang menjadi penasehat di departemen Underwriting. Dokter yang memberikan pendapat dan nasehat dalam seleksi Calon tertanggung.
Medical report
Laporan kesehatan. Hasil medis calon tertanggung ( dalam hal ini penilaian atas hasil medis).
Method of paying premium / method of purchase
Metode pembayaran premi. Cara pembayaran premi. Misal : sekaligus, tahunan, setengah tahunan, triwulan, bulanan.
Method of reinsurance
Cara reasuransi. Cara pelimpahan risiko kepada perusahaan reasuransi.
Micro insurance
Asuransi yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (low income person) dalam memproteksi diri dari segala risiko yang dihadapi. Berbeda dengan tujuan asuransi konvensional, microinsurance memiliki agenda sosial. Agenda sosial tersebut dapat direalisasikan melalui produk dengan premi yang rendah, manfaat yang cukup, dan jangka waktu yang panjang bagi low income market. Tapi dalam mendesain produk,  microinsurance masih mengikuti aturan dasar yang sama dengan asuransi konvensional, yaitu mengembangkan permintaan pasar akan asuransi, menentukan risiko-risiko yang dapat diasuransikan, dan merencanakan proses manajemen risiko asuransi untuk menjamin kelangsungan produk-produknya.
Minimum premium
Minimum premi. Minimum premi yang diterima oleh perusahaan asuransi untuk menanggung risiko selama jangka waktu tertentu.
Minimum premium plan
Program premi minimum. Premi terendah yang dapat diterima oleh perusahaan asuransi untuk dapat diterbitkannya polis. Premi ini diperlukan untuk menutup biaya-biaya pasti polis setelah diterima oleh perusahaan.
Minimum standards
Standar minimum. Kriteria terendah dari risiko agar dapat diasuransikan. Contoh : perusahaan asuransi jiwa mensyaratkan seorang tertanggung (non kumpulan) bebas dari terminal illness (penyakit - penyakit parah).
Minor
Seseorang yang masih dibawah umur, yaitu di bawah 21 tahun dan belum menikah.
Miscellaneous expenses
Ragam biaya. Biaya-biaya rumah sakit di luar biaya rawat inap, termasuk didalamnya biaya-biaya untuk foto rontgen, obat- obatan, pembalut (perban), kamar operasi, biaya mobil ambulance.
Miscellaneous insurance
Asuransi aneka (travel, engenering dll.)
Miscellaneous life assurance
Asuransi jiwa aneka. Asuransi jiwa yang memberikan beberapa macam maslahat dalam satu polis.
Misrepresentation (fats pretense)
Pernyataan tidak benar.
1.   Untuk tujuan penipuan. Calon tertanggung diharuskan menjawab sejujurnya semua pertanyaan-pertanyaan dari surat permintaan asuransi. Perusahaan asuransi dapat membatalkan kontrak dan polis tidak pernah diterbitkan bila diketahui pernyataan didalam surat permintaan tidak benar.
2.   Pemberian keterangan / pernyataan yang tidak benar, baik secara tertulis maupun lisan atau kebohongan tentang fakta dalam surat permintaan asuransi atau didalam klaim kerugian.
Misstatement of age
Pernyataan salah usia. Pemalsuan tanggal lahir oleh calon pemegang polis / tertanggung untuk polis asuransi jiwa dan kesehatan. Jika perusahaan mengetahui adanya kesalahan usia, uang pertanggungan akan disesuaikan dengan usia sebenarnya berdasarkan premi yang dibayar.
Misstatement of age or sex clause
Kesalahan usia atau jenis kelamin. Lihat : misstatement of age.
Misstatement of age provision
Ketentuan salah umur. Kata-kata dalam polis asuransi jiwa perorangan yang menyatakan bahwa bila usia tertanggung salah dan kesalahan ini mengakibatkan jumlah premi yang tidak benar waktu membeli polis, maka uang pertanggungan polis akan disesuaikan dengan premi yang dibayar atau pemegang polis harus melunasi kekurangan premi bunga.

Share on Google Plus
Written by: Janji Mustawa
Sanabila, Updated at: 1/02/2016