Kamus Asuransi Abjad MA | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Kamus Asuransi Abjad MA

Kamus Asuransi Abjad MA
Kamus Asuransi Abjad MA

Kali Ini sanabila.com akan menyajikan beberapa istilah-istilah Asuransi yang kami beri judul Kamus Asuransi. Kamus Asuransi kali ini abjad Kamus Asuransi Abjad MA.

Istilah
Arti
Mail kit
Alat kiriman. Brosur penjualan, dikirim melalui pos, yang memberikan informasi dengan cepat, yang dibutuhkan seorang pelanggan untuk memutuskan membeli dan mengajukan permohonan polis.
Main insurance
Asuransi pokok / dasar. Asuransi jiwa tanpa ada asuransi tambahan (rider).
Main reserve
Cadangan pokok / utama. Cadangan premi yang biasanya dihitung pada pertengahan tahun kalender.memberikan informasi dengan cepat, yang dibutuhkan seorang pelanggan untuk memutuskan membeli dan mengajukan Permohonan polis.
Mainframe computer
Komputer mainframe. Komputer induk yang mampu memproses data dengan sangat cepat dan menyimpan sejumlah besar data.
Maintenance expenses
Biaya pemeliharaan. Biaya-biaya untuk pemeliharaan polis yang masih berlaku. Biaya-biaya pemeliharaan tersebut meliputi waktu dan agen dan karyawan bagian service pemegang polis mempertahankan pois agar tetap berlaku dan biaya dan proses penagihan premi tahunan serta pembayaran dividen.
Maisir
Suatu transaksi yang dilakukan oleh dua pihak untuk kepemilikan suatu benda atau jasa yang menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain dengan cara mengaitkan transaksi tersebut dengan suatu tindakan atau kejadian tertentu.
Major medical policy
Polis kesehatan utama. Polis yang menyediakan manfaat untuk biaya rumah sakit dan rawat jalan. Polis kesehatan utama memiliki beberapa pembatasan dan jumlah penggantian maslahat maksimum.
Makar
Tindakan seseorang yang bertindak atas nama atau sehubungan dengan suatu organisasi atau sekelompok orang dengan kegiatan yang diarahkan pada penggulingan dengan kekerasan pemerintah yang sah de jure atau de facto atau mempengaruhinya dengan terorisme atau sabotase atau kekerasan.
Makfuul ‘anhu
Pihak ketiga yang memperoleh penjaminan
Makfuul bihi
Kewajiban seseorang atau pihak yang kemudian mendapat Jaminan dari pihak lain dalam akad kafalah
Makfuul lahu
Pihak yang dijamin
Management information
Informasi manajemen. Informasi yang diperlukan para manager untuk memformulasi sasaran / tujuan perusahaan. Bila sasaran perusahaan tercapai akan menentukan dan memberi dukungan pada proses pengambilan keputusan.
Management information system
Sistem informasi manajemen. Sistem yang memproses data dan hasilnya akan menjadi informasi yang dapat dipakai oleh mereka yang memerlukannya
Manager
Manajer (pengelola). Lihat agency manager.
Managing director
Direktur pelaksana.
Manfaat asuransi
Jenis manfaat asuransi dasar atau manfaat asuransi tambahan sebagaimana dicantumkan dalam ketentuan khusus yang bersangkutan
Manfaat kematian
Jumlah yang dibayarkan setelah kematian tertanggung.
Manfaat takaful
Sejumlah uang dan atau segala faedah yang dapat diterima oleh pemegang polis atau yang ditunjuk sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam syarat-syarat khusus polis.
Manifestation of assent
Manifestasi / perujudan persetujuan. Suatu manifestasi bagi setiap orang yang layak, untuk terlibat dalam suatu kontrak yang khusus.
Manpower schedule
Jadual pengembangan tenaga kerja. Bagian dan suatu program operasi keagenan dimana para agency manager memperkirakan jumlah agen dan karyawan kantor yang diperlukan untuk menghasilkan jumlah bisnis yang telah diramalkan, biaya dan gaji dan pelatihan untuk karyawan kantor, maupun uang dan waktu yang diperlukan untuk merekrut, mempekerjakan dan melatih agen-agen baru.
Marine cargo insurance
 asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan barang yang timbul pada saat pengangkutan melalui laut, darat, maupun udara dari tempat asal pengiriman barang ke tempat tujuan yang disebutkan di dalam polis pertanggungan asuransi marine cargo.
Marine hull insurance 
Asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan pada kapal akibat bahaya-bahaya di laut misal cuaca buruk, tabrakan, kandas, terdampar, tenggelam, tabrakan, serta menjamin risiko kebakaran, ledakan, pembajakan, pembuangan barang ke laut, tabrakan, kelalaian nahkoda, dll.
Market
Pasar.
1.   Calon-calon pembeli produk yang aktual atau potensial.
2.   Tempat bertemu penjual dan pembeli
Market driven organization
Organisasi berdasar pasar. Organisasi yang dibentuk oleh dan untuk menanggapi kebutuhan pasar, terhadap konsumen yang
Membantu pasar itu.
Market segment
Pembagian pasar (segmen pasar). Sekumpulan pelanggan dengan kebutuhan yang sama. Segmen pasar dapat diidentifikasi dan ciri-cirinya yang meliputi umur, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, sikap pnibadi, letak geograpis, pendidikan dan status perkawinan.
Market value
Harga pasar. Nilai kekayaan yang didasarkan pada harga saat ini didalam pasar uang (pasar modal)
Marketing
Pemasaran. Fungsi yang menyeluruh untuk menentukan / kepentingan konsumen, pembuatan produk dan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, cara mempromosikan dan mendistribusikan produk-produk tersebut dan pelayanan terhadap masyarakat.
Marketing committee
Panitia / team pemasaran. Team yang anggotanya terdiri dari wakil-wakil dari setiap bagian yang memberikan saran-saran dalam merancang kontrak-kontrak asuransi dengan maslahat dan tarip premi khusus dan jaminan-jaminan yang termasuk dalam kontrak tersebut.
Marketing department
Departemen (bagian) pemasaran. Bagian / departemen dalam perusahaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang bertanggung jawab untuk memasarkan produk-produk asuransi kepada masyarakat.
Marketing plan
Rencana pemasaran. Dokumen yang merinci tujuan / sasaran pemasaran perusahaan. Strategi yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut serta tujuan-tujuan khusus untuk setiap produk atau serangkaian produk. Rencana pemasaran juga digunakan sebagai alat kontrol sehingga bagian marketing dapat menganalisa hasil operasional dan seberapa jauh sasarannya telah tercapai.
Marriage insurance option
Pilihan asuransi perkawinan. Manfaat polis untuk biaya perkawinan.
Masa asuransi
Jangka waktu yang menyatakan masa berlakunya polis, dimana jika tertanggung meninggal (atau mengalami hal seperti yang tercantum dalam polis misalnya kecelakaan) maka penanggung wajib membayarkan manfaat yang telah ditentukan sebelumnya.
Masa pembayaran premi
Masa dimana tertanggung wajib membayarkan sejumlah premi yang telah ditentukan kepada penanggung.
Masa tenggang (grace period)
Periode waktu setelah tanggal jatuh tempo premi lanjutan di mana premi masih dapat dibayar tanpa dikenai bunga dan pertanggungan masih in force. Masa tenggang bervariasi tergantung jenis polis dan tahapan pembayaran. Bukan karena kecelakaan.
Masa tunggu (waiting period)
Masa waktu tertentu setelah polis diterbitkan di mana biaya kesehatan tertanggung tidak dijamin oleh polis. Lama masa tunggu umumnya adalah enam bulan sampai 2 tahun dan hanya berlaku untuk biaya kesehatan karena penyakit,
Mass marketing
Pemasaran masal. Pemasaran produk asuransi langsung kepada masyarakat tanpa menggunakan agen pemasaran. Biasanya dilakukan melalui mass media.
Mass merchandizing
Penutupan kelompok. Penutupan untuk sekelompok individu dibawah satu polis, biasanya anggota-anggotanya berasal dari satu perusahaan tertentu, serikat buruh atau asosiasi.
Mass underwriting
Seleksi risiko kelompok. Evaluasi dari ciri-ciri demografis seluruh kelompok (seperti usia, jenis kelamin, morbiditas, mortalitas) dilihat dari evaluasi individu-individu dalam kelompok tersebut.
Master budget
Anggaran induk. Anggaran yang disusun dari semua anggaran bagian-bagian perusahaan.
Master contract / policy
Kontrak / polis induk. Perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis kumpulan. Polis induk menjamin sejumlah orang di bawah satu polis. Polis asuransi untuk sekelompok orang dimana pemegang polisnya adalah badan / perusahaan dimana kelompok ini bekerja. Masing-masing orang yang dipertanggungkan hanya mendapat sertifikat sebagai bukti telah diasuransikan dibawah polis tersebut.
Mata uang polis
Mata uang yang berlaku terhadap premi dan manfaat takaful yang harus dibayar sebagaimana yang tercantum dalam halaman keterangan polis.
Material misrepresentation
Kesalahan presentasi yang bersifat material. Dalam asuransi, pemalsuan fakta / penyajian fakta yang salah, yang bila perusahaan tahu kebenarannya tidak akan menerbitkan polis atau hanya akan menerbitkan polis dengan dasar yang lain, seperti dengan premi yang iebih tinggi atau dengan uang pertanggungan
Yang lebih rendah. Pemalsuan fakta-fakta sedemikian rupa, yang bersifat meterial sehingga bila perusahaan asuransi jiwa mengetahuinya, tidak akan mau menanggung risikonya. Kesalahan presentasi dapat tidak disengaja (karena orang baru) atau disengaja. Kesalahan presentasi ini memberi alasan bagi Perusahaan asuransi untuk menolak kontrak atau membatalkan polis.
Maternity benefit
Maslahat kehamilan. Maslahat yang dibayarkan sehubungan dengan kehamilan, yaitu : melahirkan, keguguran dan kuret.
Mathematical reserve
Cadangan matematis. Lihat : actuarial mathematical reserve.
Matured endowment
Akhir polis dwiguna / akhir kontrak dwiguna. Selesainya masa asuransi (kontrak) dari polis dwiguna, dimana uang pertanggungan polisnya dibayarkan kepada pemegang polis.
Maturity
Kontrak asuransi selesai. Akhir masa asuransi dimana uang pertanggungan sebagai maslahat asuransi dibayarkan kepada pemegang polis / tertanggung.
Maturity bonus
Bonus akhir kontrak. Bonus yang diberikan kepada pemegang polis pada akhir kontrak asuransi.
Maturity claim
Klaim akhir kontrak. Tuntutan hak pemegang polis atas maslahat asuransi karena berakhirnya kontrak asuransi.
Maturity date
Tanggal akhir kontrak. Tanggal berakhirnya kontrak asuransi dimana maslahat asuransi dibayarkan kepada pemegang polis / tertanggung, bila masih hidup
Maturity date (akhir masa asuransi)
Tanggal berakhirnya polis yang tercantum pada polis atau endorsemen, di mana penanggung membayarkan manfaat akhir masa asuransi.
Maturity value
Nilai akhir kontrak/nilai akhir masa asuransi. Jumlah tertentu yang diterima oleh pemegang polis / tertanggung pada akhir masa asuransi atau pada usia yang sudah ditentukan sebelumnya.

Share on Google Plus
Written by: Janji Mustawa
Sanabila, Updated at: 1/01/2016