Macam-Macam Divisi Dalam Perusahaan Asuransi Secara Umum | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Macam-Macam Divisi Dalam Perusahaan Asuransi Secara Umum

Macam-Macam Divisi Dalam Perusahaan Asuransi Secara Umum

Kali Ini sanabila.com akan membahas tentang Macam-Macam Divisi Dalam Perusahaan Asuransi yang secara umum harus dimiliki setiap perusahaan asuransi dalam struktur organisasinya.

Macam-Macam Divisi Dalam Perusahaan Asuransi Secara UmumPerusahaan adalah organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain yang kegiatannya melakukan produksi dan distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia. Kegiatan produksi dan distribusi dilakukan dengan menggabungkan berbagai faktor produksi, yaitu manusia, alam dan modal.

Perusahaan Asuransi Kerugian, adalah perusahaan yang memberikan jasa dalam penanggulangan risiko atas kerugian, kehilangan manfaat, dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga, yang timbul dari peristiwa yang tidak pasti.

Perusahaan Asuransi Jiwa, adalah perusahaan yang memberikan jasa dalam penanggulangan risiko yang dikaitkan dengan hidup atau meninggalnya seseorang yang dipertanggungkan.

Perusahaan Reasuransi, adalah perusahaan yang memberikan jasa dalam pertanggungan ulang terhadap risiko yang dihadapi oleh Perusahaan Asuransi Kerugian dan atau Perusahaan Asuransi Jiwa. 

Berdasarkan penggolongan jenis usahanya perusahaan asuransi tergolong kepada perusahaan penyedia jasa (Service firm).

Secara umum ada 4 (empat) Divisi/departemen yang wajib ada dalam setiap perusahaan asuransi diantaranya adalah :
  1. Marketing
  2. Underwriting
  3. Collector/Finance
  4. Claim
Keempat divisi tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya, sehingga jika salah satu bagian tidak bekerja dengan baik akan menimbulkan efek ke bagian lainnya. Keempat bagian ini akan kita bahas pada artikel yang berbeda.

Baca Juga :



Share on Google Plus
Written by: sanabila.admin
Sanabila, Updated at: 10/30/2015