Emergency Response Team & Plan | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Emergency Response Team & Plan

Emergency Response Team & Plan

 
Kali Ini sanabila.com akan membahas tentang salah satu bagian dari penilaian resiko (risk assestment) yang terdapat pada Management and Human Element suatu peusahaan atau pabrik, yaitu : Emergency Response Team & Plan.

Emergency Response Team & PlanManagement dan human elemen adalah salah satu unsur penilaian resiko yang berkaitan dengan managemen pengelolaan resiko dan kebiasaan orang/karyawan yang secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan terjadinya resiko atau meringankan terjadinya resiko.

Sedangkan Emergency Response Team & Plan merupakan salah satu bagian atau contoh dari Management dan human elemen. Secara umum Emergency Response Team & Plan adalah salah satu unsur atau bagian yang dimiliki oleh suatu perusahaan yang memiliki resiko kebakaran cukup besar, Emergency Response Team & Plan mencakup rencana dan team yang dibuat untuk meminimalisir korban jiwa dan kerugian jika terjadi kebakaran atau musibah lainnya.

Setiap perusahaan, tentunya akan menghadapi permasalahan yang sama berkaitan dengan masalah keadaan darurat (emergency). Perkembangan dunia industrialisasi, ditandai dengan pemakaian dan pemanfaatan alih teknologi tinggi. Tidak menutup kemungkinan, proses pergeseran industrialisasi dapat menimbulkan terjadinya keadaaan darurat di lingkungan kerja (coVan, 1994).
Persiapan keadaan darurat merupakan tanggung jawab semua tenaga kerja. Perencanaan dan persiapan keadaan darurat, tidak bisa terlepas dari peran manajeman puncak dalam perencanaan dan penetapan kebijakan dan komitmen tinggi dalam mencegah dan menanggulangi keadaan darurat (Kelly, 1998).

Dengan perencanaan dan penerapan sistem tanggap darurat industri (emergency response), maka secara tidak langsung perusahaan telah terlibat aktif dan peduli pada terciptanya stabilitas keamanan dan keselamatan kerja
Perusahaan.

Sistem tanggap darurat industri dilaksanakan dengan cara membentuk tim khusus pengendalian dan penanganan kondisi darurat, seperti pada saat terjadi kebakaran, peledakan maupun kecelakaan kerja. Dengan pengorganisasian ini diharapkan dapat membentuk sikap kerja yang sigap, cepat, tanggap dan tepat (Kelly, 1998).

Sistem tanggap darurat merupakan kesatuan sistem yang diterapkan dan dilaksanakan oleh suatu industri, pemerintah beserta komponen masyarakat yang terintegerasi dalam suatu sistem dan prosedur kerja yang konkret, dalam rangka menghadapi keadaan darurat di suatu instansi, industri maupun sektor informal yang berpotensi menimbulkan gangguan bagi stabilitas keamanan (Kelly, 1998).

Sedangkan menurut Astra Green Company (2002), emergency adalah suatu keadaan tidak normal atau tidak diinginkan yang terjadi pada suatu tempat, yang cenderung membahayakan bagi manusia, merusak peralatan dan harta benda dan merusak lingkungan.

Emergency Response Team & Plan terbagi menjadi 7 (tujuh) unsur yang akan dibahas satu persatu pada artikel yang berbeda.

Daftar Pustaka
 

Astra Green Company. 2002. Pedoman Pengelolaan Lingkungan, Keselamatan & Kesehatan Kerja, Jakarta.

Robert B.Kelly. 1998. Industrial Emergency Preparedness. New York: Van Nostrand Nost Reinhold.

James CoVan. 1994. Safety Engineering. New York: John Wiley & Sons, Inc.



Baca Juga :

Share on Google Plus
Written by: sanabila.admin
Sanabila, Updated at: 10/09/2015