Deluge System | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Deluge System

Deluge System

Pada kesempatan kali ini sanabila.com akan membahas tentang salah satu unsur yang digunakan untuk menilai sebuah resiko yang dilakukan oleh perusahaan asuransi umum yaitu Deluge System. Deluge Systemmerupakan bagian dari Active Fire Protection (Alat pengendalian Api) yang merupakan salah satu cara atau metode pengendalian kebakaran yang terjadi pada sutu bangunan, pabrik, hotel, dll. Active Fire Protection (Alat pengendalian Api) terdiri dari alat-alat yang dapat digunakan untuk mengetahui adanya kebakaran dan memadamkan api.

Deluge system merupakan salah satu tipe system yang digunakan dalam Fire Sprinkler. Tipe Deluge System adalah sistem dimana kepala sprinkle yang terhubung dengan saluran pipa system sudah terbuka atau dirancang khusus seperti itu untuk bahaya khusus dimana api menyebar sangat cepat. Sistem ini kadang dipasang di jalur jalan keluar personil atau bangunan untuk memperlambat kobaran api. Fungsi utama dari Fire Sprinkler Tipe Deluge System selain memadamkan api yang terjadi di area proteksi juga mendinginkan area tersebut.

Cara kerja splinker dengan type deluge system ini adalah Air tidak ada di dalam pipa sampai pada saat sistem beroperasi. Karena lubang pada sprinkle telah terbuka maka pipa berada pada tekanan atmosfir ruangan. Untuk mencegah pasokan air dari sumber penyimpanan tandon masuk ke pipa maka menggunakan deluge valve yang dipasang pada sambungan air. Deluge valve ini baru akan terbuka dan mengalirkan air bertekanan setelah detektor mencapai kondisi tertentu. Detektor ini bisa berupa smoke detector (detektor asap) heat detector (detektor panas) atau flame detector (detektor api) aliran dalam pipa juga akan menyalakan alarm kebakaran yang akan memperingatkan penghuni atau orang disekitar untuk segera melakukan evakuasi diri atau barang yang ada di area kebakaran. Dalam Fire Sprinkler Tipe Deluge System semua berjalan secara otomatis, namun tetap bisa dijalankan secara manual tergantung pada kondisi dan tujuan sistem.

Setelah katup deluge terbuka maka air dari tandon mengalir secara bersamaan dan membanjiri seluruh head sprinkle. Fire sprinkler tipe deluge system dirancang untuk melindungi daerah atau tempat yang memiliki potensi bahaya tinggi dan mengandung bahan bakar parah yang pelepasan panasnya tinggi seperti tempat trafo / boiler. Sehingga saat system bekerja akan cepat didinginkan karena air mengalir secara bersamaan. Fire sprinkler deluge system ini juga bisa dikombinasikan dengan busa kedalam sistem pasokan air. Hal ini lebih ideal untuk menangani kebakaran di tempat yang memiliki cairan yang mudah terbakar seperti hanggar pesawat, kilang minyak, pabrik kimia dan lainnya. System ini bekerja secara otomatis ketika pemicu mendeteksi kondisi tertentu, ukuran pengeluran adalah 20, 25, 32, 40, atau 50mm. Ukuran katup, laju aliran, tekanan pasokan dalam sistem pemipaan, jenis detektor ditentukan masing – masing oleh jenis atau resiko kebakaran yang terjadi.

Contoh Deluge System :

Deluge System 1
Deluge System 1

Deluge System 2
Deluge System 2


Share on Google Plus
Written by: sanabila.admin
Sanabila, Updated at: 10/05/2015