Risk Assessment (Penilaian Resiko) | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Risk Assessment (Penilaian Resiko)

Risk Assessment (Penilaian Resiko)

Setelah kita membahas tentang proses risk managemen, kali ini kita akan membahas tentang penilaian resiko yang biasa dilakukan oleh perusahaan asuransi terhadap objek pertanggungan yang berupa bangunan, pabrik, hotel, rumah, gudang dll.
Risk Assessment (Penilaian Resiko)
Risk Assessment (Penilaian Resiko) sendiri adalah Pelaksanaan metode-metode untuk menganalisa tingkat resiko, mempertimbangkan resiko tersebut dalam tingkatan bahaya tertentu dan mengevaluasi apakah sumber bahaya tersebut dapat dikendalikan secara memadai serta mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengendalikan resiko tersebut.


Ada beberapa 5 (lima) aspek dalam menilai sebuah resiko (Risk Assessment) diantaranya adalah :


External Exposure (Resiko dari luar)
External exposure merupakan factor penyebab suatu kerugian yang akan ditimbulkan dari luar objek pertanggungan. Hal ini dapat dilihat di sekeliling lokasi objek pertanggungan.


Process Hazards
Process Hazard berkaitan dengan pengelolaan atau pekerjaan yang dilakukan di objek pertanggungan yang dapat menimbulkan bahaya. Contoh : pada perusahaan garmen, bahan baku berupa kain, plastic, kardus, benang, dll sehingga dapat menimbulkan kebakaran yang cepat.


Construction/structural fire protection (Bangunan)
Construction/structural fire protection berkaitan dengan material pembuatan bangunan atau objek pertanggungan. Contoh : apakah bangunan tersebut berusia tua, terbuat dari kayu, dll


Active Fire Protection (Alat pengendalian Api)
Active Fire Protection berkaitan dengan seberapa banyak alat pengendalian api di dalam atau di area lokasi objek pertanggungan.


Management / Human element
Management / Human element berkaitan dengan managemen organisasi perusahaan yang menjadi objek pertanggungan. Apakah ada pengecekan berkala, ada orang-orang yang dapat menggunakan alat pemadam kebakaran dll.


Untuk lebih jelasnya terkait dengan aspek-aspek dalam penilaian sebuah resiko yang dilakukan oleh perusahaan asuransi akan kita bahas pada artikel-artikel selanjutnya.


Baca juga :



Share on Google Plus
Written by: sanabila.admin
Sanabila, Updated at: 9/14/2015