fire stop/break (Penahan Api) | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

fire stop/break (Penahan Api)

fire stop/break (Penahan Api)

Pada kesempatan kali ini sanabila.com akan membahas tentang salah astu bagian dari Construction/structural fire protection yaitu fire stop/break (Penahan Api). Construction/structural fire protection  sendiri merupakan salah satu unsur atau bagian dari risk assessment (penilaian resiko). 

Risk Assessment (Penilaian Resiko) sendiri adalah Pelaksanaan metode-metode untuk menganalisa tingkat resiko, mempertimbangkan resiko tersebut dalam tingkatan bahaya tertentu dan mengevaluasi apakah sumber bahaya tersebut dapat dikendalikan secara memadai serta mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengendalikan resiko tersebut.

Firestop adalah suatu sistem proteksi kebakaran yang terbuat dari berbagai komponen yang digunakan untuk menyegel/menutup bukaan dan sendi dalamdalam fire rating dinding dan lantai. Firestops dirancang untuk mengembalikan peringkat api-perlawanan dinding dan / atau rakitan lantai dengan menghambat penyebaran api dengan mengisi lubang dengan bahan tahan api. Bukaan dilindungi dalam pemisahan api membatalkan peringkat api perlawanan dari pemisahan api, yang memungkinkan penyebaran api, biasanya melewati batas dari rencana keselamatan kebakaran bangunan.

Firestop System adalah Produk Penyekat Api yang digunakan untuk menangkal rambatan api dan melokalisir api pada dinding antar ruangan atau antar lantai.  Penyekat Api ini diaplikasikan pada kabel - kabel di panel listrik atau shaft cable tray Penempatan material firestop ini pada umumnya dilaksanakan pada area Parimeter, Shaft Kabel dan Shaft Pipa. Sering juga disebut sebagai Kompartemen (Pemisah) atau Proteksi Pasif. Selain itu, firestop system juga membantu mencegah kerusakan kabel yang disebabkan oleh serangga dan air. Jenis material firestop ini terdapat banyak macam, namun di Indonesia umumnya menggunakan material berbentuk mortar dan foam.

Contoh :
fire stop/break (Penahan Api) 1
fire stop/break (Penahan Api) 1

fire stop/break (Penahan Api) 2
fire stop/break (Penahan Api) 2

fire stop/break (Penahan Api) 2
fire stop/break (Penahan Api) 3


Share on Google Plus
Written by: sanabila.admin
Sanabila, Updated at: 9/25/2015