Fire Hydrant (Hose Reels, Internal Hydrants, Yard Hydrant, External Hydrant) | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Fire Hydrant (Hose Reels, Internal Hydrants, Yard Hydrant, External Hydrant)

Fire Hydrant (Hose Reels, Internal Hydrants, Yard Hydrant, External Hydrant)

Pada kesempatan kali ini sanabila.com akan membahas tentang salah satu unsur yang digunakan untuk menilai sebuah resiko yang dilakukan oleh perusahaan asuransi umum yaitu Fire Hydrant (Hose Reels, Internal Hydrants, Yard Hydrant, External Hydrant). Fire Hydrant (Hose Reels, Internal Hydrants, Yard Hydrant, External Hydrant) merupakan bagian dari Active Fire Protection (Alat pengendalian Api) yang merupakan salah satu cara atau metode pengendalian kebakaran yang terjadi pada sutu bangunan, pabrik, hotel, dll. Active Fire Protection (Alat pengendalian Api) terdiri dari alat-alat yang dapat digunakan untuk mengetahui adanya kebakaran dan memadamkan api.

Fire Hydrant System adalah suatu system pemadam api yang dioperasikan secara manual oleh operator (manusia) dengan menggunakan media pemadamnya air dan disepanjang instalasi pempipaan mengandung air bertekanan sampai pada titik Hydrant Valve, Hose reel, Hydrant Pillar atau perangkat lainnya. 

Fungsi utama hydrant adalah sebagai salah satu sumber air apabila terjadi kebakaran, dan tahukah anda bahwa di negara-negara maju ada standar pewarnaan dan tanda-tanda khusus untuk setiap sistem hydrant sedangkan di negara–negara dunia ketiga hal tersebut belum lazim.

Pada saat terjadi peristiwa kebakaran fire hydrant harus mudah terlihat dan segera dapat dipergunakan. National Fire Protection Association (NFPA) secara specifik menyatakan bahwa fire hydrant harus diwarnai dengan chrome yellow atau warna lain yang mudah terlihat termasuk diantaranya white, bright red, chrome silver dan lime-yellow, tetapi sebenarnya aspek terpenting adalah warna tersebut harus konsisten terutama dalam satu wilayah tertentu. 

NFPA menyarankan bahwa secara umum ada perbedaan secara fungsi antara fire hydrant untuk kebutuhan perkotaaan (municipal system) dan kebutuhan pribadi (private system) termasuk di dalamnya untuk pabrik, sehingga harus ada perbedan warna dan penandaan lainnya. Secara internasional warna violet (light purple) telah dikembangkan sebagai warna untuk non-potable water.
 
Contoh Fire Hidrant :
External Hydrant
External Hydrant

Hose Reels 1
Hose Reels 1

Hose Reels 2
Hose Reels 2

Internal Hydrant
Internal Hydrant

Mesin Hydrant
Mesin Hydrant

Share on Google Plus
Written by: sanabila.admin
Sanabila, Updated at: 9/30/2015