Automatic Detector (Smoke, Heat, Flame And Gas) | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Automatic Detector (Smoke, Heat, Flame And Gas)

Automatic Detector (Smoke, Heat, Flame And Gas)

Pada kesempatan kali ini sanabila.com akan membahas tentang salah satu unsur yang digunakan untuk menilai sebuah resiko yang dilakukan oleh perusahaan asuransi umum yaitu Automatic Detector (Smoke, Heat, Flame And Gas). Automatic Detector (Smoke, Heat, Flame And Gas) merupakan bagian dari Active Fire Protection (Alat pengendalian Api) yang merupakan salah satu cara atau metode pengendalian kebakaran yang terjadi pada sutu bangunan, pabrik, hotel, dll. Active Fire Protection (Alat pengendalian Api) terdiri dari alat-alat yang dapat digunakan untuk mengetahui adanya kebakaran dan memadamkan api.

Automatic Detector (Smoke, Heat, Flame And Gas) atau Detektor kebakaran adalah alat yang berfungsi mendeteksi secara dini kebakaran, agar kebakaran yang terjadi tidak berkembang menjadi lebih besar. Dengan terdeteksinya kebakaran, maka upaya untuk mematikan api dapat segera dilakukan, sehingga dapat meminimalisasi kerugian sejak awal.

Jika dianalogikan detektor kebakaran adalah alat bantu seperti panca indera kita. Untuk merasakan bau kita memiliki hidung, kalau untuk merasakan adanya kebakaran digunakanlah detektor kebakaran.  Deteksi kebakaran dilakukan pada kemunculan asap, kemunculan panas, dan adanya kobaran api.

Berdasarkan SNI 03-3985-2000 butir 4.2, klasifikasi detektor kebakaran menyebutkan bahwa untuk kepentingan standar ini, detektor kebakaran otomatik diklasifikasikan sesuai dengan jenisnya seperti:
  1. Detektor panas (Heat Detector)
  2. Detektor asap (Smoke Detector)
  3. Detektor nyala api (Flame detector)
  4. Detektor gas kebakaran (Gas Detector)
  5. Detektor kebakaran lainnya.

Contoh :
Detektor panas (Heat Detector)
Detektor panas (Heat Detector)

Detektor nyala api (Flame detector)
Detektor nyala api (Flame detector)
Detektor asap (Smoke Detector)
Detektor asap (Smoke Detector)
Detektor gas kebakaran (Gas Detector)
Detektor gas kebakaran (Gas Detector)

Share on Google Plus
Written by: sanabila.admin
Sanabila, Updated at: 9/28/2015