Pengertian, Macam-macam, dan Penggunaan Operator Binary Dalam Bahasa C | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Pengertian, Macam-macam, dan Penggunaan Operator Binary Dalam Bahasa C

Pengertian, Macam-macam, dan Penggunaan Operator Binary Dalam Bahasa C
Pengertian, Macam-macam, dan Penggunaan Operator Binary Dalam Bahasa C

Operator binary adalah operator yang digunakan untuk melakukan operasi yang melibatkan dua buah operand. Pada artikel kali ini, kita akan mengelompokkan operator binary ini ke dalam empat jenis, yaitu operator aritmatika, logika, relasional dan bitwise.

A. Operator Aritmatika


Operator aritmetika merupakan operator yang berfungsi untuk melakukan operasi-operasi aritmetika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Berikut ini operator aritmetika yang terdapat dalam bahasa C.




Pengertian, Macam-macam, dan Penggunaan Operator Binary Dalam Bahasa C
Operator Aritmatika

B. Operator Logika 


Operator logika merupakan operator digunakan di dalam operasi yang hanya dapat menghasilkan nilai benar (true) dan salah (false). Nilai seperti ini disebut dengan nilai boolean. Dalam bahasa C, nilai benar akan direpresentasikan dengan menggunakan nilai selain nol. Namun, pada kenyataannya para programmer C umumnya menggunakan nilai 1 untuk merepresentasikan nilai benar. Adapun nilai salah akan direpresentasikan dengan nilai 0. Untuk memudahkan dalam proses penulisan syntax, maka biasanya nilai-nilai tersebut dijadikan sebagai makro dengan sintak berikut.


Operator Logika
Operator Logika 

C. Operator Relasional

Operator Relasional merupakan operator yang digunakan untuk menentukan relasi atau hubungan dari dua buah nilai atau operand. Operator ini terdapat dalam sebuah ekspresi yang selanjutnya akan menentukan benar atau tidaknya ekspresi tersebut. Berikut ini operator yang termasuk ke dalam operator relasional dalam bahasa C.


Operator Relasional
Operator Relasional

D. Operator Bitwise

Operator bitwise digunakan untuk menyelesaikan operasi-operasi bilangan dalam bentuk biner yang dilakukan bit demi bit. Dengan kata lain, operator bitwise ini berfungsi untuk melakukan pemanipulasian bit. Operasi ini merupakan hal vital apabila program yang kita buat kan melakukan interaksi dengan perangkat keras (hardware). Meskipun bahasa pemrograman lebih bersifat data-oriented, namun perangkat keras masihlah bersifat bit-oriented. Ini artinya, perangkat keras menginginkan input dan output data yang dilakukan terhadapnya tetap dalam bentuk bit tersendiri.

Perlu ditekankan di sini bahwa operasi pemanipulasian bit ini hanya dapat dilakukan pada bilangan-bilangan yang bertipe char dan int saja karena keduanya dapat berkoresponden dengan tipe byte dan word di dalam bit. Adapun yang termasuk ke dalam operator bitwise di dalam bahasa C adalah seperti yang tertera dalam tabel di bawah ini. 

Operator Bitwise
Operator Bitwise

Daftar Pustaka :

- Cara Mudah Mempelajari Pemrograman C & Implementasinya. Oleh I Made Joni Budi Raharjo. Diakses pada tanggal 20 Juni 2015 jam 11.30 WIB.

Share on Google Plus
Written by: Sanabila. com
Sanabila, Updated at: 6/20/2015