Sejarah Asuransi Umum atau Kerugian | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Sejarah Asuransi Umum atau Kerugian

Sejarah Asuransi Umum atau Kerugian

Sejarah Asuransi Umum atau Kerugian
Selain sejarah asuransi secara umum yang telah dibahas sebelumnya. kali ini kita akan membahas sejarah asuransi secara spesifik berdasarkan jenisnya.
  • Asuransi Pengangkutan

Abad 12
Terletak di tepi sungai thames, Italia. Terdapat satu kedai kopi yang dimiliki oleh Edward Lloyd. Di kedai tersebut sering dijadikan tempat beristirahat awak kapal yang melakukan perdagangan. Semua data-data kapal dan perjalanan dicatat dengan rapih disana. Hasil catatan tersebut kemudian dijadikan majalah dan menjadi data laporan yang cukup untuk mengukur sebuah resiko. Ini juga menjadi sejarah dinamakanya underwriter di dunia asuransi.
Tahun 1553 – 1603
Admiral court dan bekembang menjadi chamber of assurance di Inggris.
Tahun 1906
Marine Insurance diterbitkan sebagai kitab Undang-Undang Asuransi pengangkutan.
  • Asuransi Kebakaran

Tanggal 2-5 September 1666
Terjadi kebakaran besar (the great fire) di London Inggris. Kebakaran ini bermula dari api yang muncul di salah satu toko roti di London dan akhirnya menghanguskan seluruh kota. Untuk membangun kota tersebut menjadi sedia kala harus memiliki biaya yang cukup tinggi. Sehingga setelah kejadian tersebut banyak berdiri perusahaan asuransi kebakaran.
Tahun 1680
Berdiri perusahaan asuransi kebakaran pertama yang bernama the fire office atau the phonix.
Tahun 1714
Berdirinya perusahaan asuransi kebakaran the union fire office
Tahun 1717
Berdirinya perusahaan asuransi kebakaran westminster fire office
  • Asuransi Kecelakaan

Abad 19
Terjadinya revolusi industri di Prancis sehingga banyak ditemukannya mesin-mesin dan alat transportasi modern. Inilah kemudian yang menjadi dasar adanya asuransi Kecelakaan.
Tahun 1848
The railway pessenger assurance, Co. mengeluarkan asuransi kecelakaan kereta dengan biaya kurang lebih $ 3 yang dimasukkan bersama dengan harga tiket penumpang. Kemudian berkembang dan ditambah dengan Medex (medical expensive) sebagai tambahan biaya perawatan penumpang jika terjadi kecelakaan.
  • Asuransi Tanggung Jawab Majikan

Tahun 1880 dan 1887
Pada tahun ini diberlakukannya employer of liability act. Tahun 1880 dan workmen’s compensation Act tahun 1887. Merupakan awal dari adanya Asuransi tanggung jawab majikan. Karena sebelum berlakunya dua Undang-undang tersebut kecelakaan kerja yang terjadi pada buruh dan pekerja bukan merupakan tanggung jawab perusahaan. Kedua konsep ini kemudian diadopsi oleh Askes dan Asabri di Indonesia.
  • Asuransi Kebongkaran

Tahun 1889
Asuransi keongkaran diterbitkan pertamakali pada tahun 1889 dengan bedirinya salah satu perusahaan asuransi mercantile accident and guarantee insurance, Co.
  • Asuransi Kendaraan bermotor

Tahun 1898
Bermula dengan dikeluarkannya law accident insurance society pada tahun 1898 yang digunakan untuk asuransi kendaraan bermotor menjadi awal adanya asuransi kendaraan bermotor.
Tahun 1930
Road traffic art. Yang dikeluarkan pada tahun 1930 dan disempurnakan tahun 1974.
  • Asuransi Penerbangan

Tahun 1914

Berdiri perusahaan asuransi penerbangan Casco dan TPL yang berkembang di London.



Share on Google Plus
Written by: Janji Mustawa
Sanabila, Updated at: 5/09/2015