Sejarah Asuransi Di Indonesia | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Sejarah Asuransi Di Indonesia

Sejarah Asuransi Di Indonesia

Sejarah Asuransi Di Indonesia
Sejarah asuransi di Indonesia bermula sejak lebih dari seratus tahun yang lalu, yaitu semenjak masa penjajahan Belanda. Pada masa itu pemerintah kolonial Belanda melakukan penanaman perkebunan besar-besaran di Indonesia dan sekaligus melakukan bisnis perdagangan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan mereka.

Untuk menjamin kelangsungan bisnisnya, maka kemudian pemerintahan Belanda di Indonesia melakukan sebuah sistem proteksi finansial bernama asuransi dengan tujuan sebagai bentuk perlindungan terhadap resiko-resiko kerugian yang mungkin terjadi. Perlindungan ini diterapkan di sektor perkebunan dari mulai penanaman pohon, panen hingga di hasil kebun diperdagangkan.

Perusahaan asuransi pertama yang didirikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda di Indonesia adalah Bataviasche Zee End Brand Asrantie Maatschappij yang fokus pada sektor asuransi kerugian akibat adanya kebakaran dan juga kerugian yang mungkin ditimbulkan akibat adanya permasalahan saat pengangkutan (transportasi).

Belanda mendirikan perusahaan asuransi di Indonesia menggunakan  sistem monopoli yang dijalankan di Hindia Belanda, sehingga mereka mendapatkan keuntungan yang cukup signifikan. Selain monopoli mereka juga melakukan diskriminasi yang diterapkan perkembangan asuransi kerugian di Hindia Belanda terbatas pada kegiatan dagang dan kepentingan bangsa Belanda, Inggris, dan bangsa Eropa lainnya. Sehingga pada saat itu masyarakat Indonesia tidak memahami tentang asuransi samasekali.


Setelah cukup berhasil mendirikan perusahaan asuransi kerugian dan transportasi, pemerintah Belanda kemudian membangun satu unit usaha asuransi lagi bernama Nederlandsh Indisch Leven Verzekering En Liefrente Maatschappij (NILMIY) yang bergerak pada asuransi jiwa. Perusahaan ini kemudian cikal bakal salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia yang bernama PT. Asuransi Jiwasraya berbarengan dengan Asuransi Jiwa Boemi Poetra 1912. Kesuksesan kedua perusahaan besar ini pun kemudian di ikuti dengan tumbuhnya perusahaan-perusahaan asuransi baru seperti yang kita kenal hingga kini.


Share on Google Plus
Written by: Janji Mustawa
Sanabila, Updated at: 5/08/2015