Pengertian Dan Contoh Risk Management (Manajemen Resiko) Dalam Asuransi | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Pengertian Dan Contoh Risk Management (Manajemen Resiko) Dalam Asuransi

Pengertian Dan Contoh Risk Management (Manajemen Resiko) Dalam Asuransi

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang definisi resiko. Dan sekarang kita akan membahas tentang manajemen resiko. Sebelum membahas tentang manajemen resiko secara lebih lanjut kita mulai pertanyaan dengan : Pertama, Apakah asuransi termasuk kedalam bagian manajemen resiko (risk management) ?. kedua, Apakah manajemen resiko (risk management) yang termasuk dalam bagian dari asuransi ?. sebelum menjawab peranyaan tersebut sebelumnya kita harus mengeri tentang definisi dari asuransi yang sudah di bahas di artikel sebelumnya. dan pengertian dari manajemen resiko (risk management) itu sendiri.
Pada dasarnya, manajemen resiko (risk management) adalah suatu kegiatan untuk mengelola atau mengatur dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya resiko. Managemen resiko dapat dilakukan dengan oleh perorangan maupun perusahaan.
Contoh :
Pak jefri membeli sebuah mobil baru. Untuk menanggulangi/mengurangi resiko kehilangan mobil yang cukup besar di Jakarta dia dapat melakukan beberapa hal diantaranya mengunci kendaraan setiap saat, menambahkan alarm, atau bahkan dapat menambahkan alat pengaman tambahan di mobilnya. Kalau dia merasa belum aman dia dapat mengasuransikan mobilnya ke perusahaan asuransi dengan polis TLO (Total Loss Only).

Manajemen resiko (risk management) sendiri dapat dilihat dari gambar dibawah ini :

Pengertian Dan Contoh Risk Management (Manajemen Resiko) Dalam Asuransi

Pada Gambar diatas  diatas terlihat jelas bagaimana konsep manajemen resiko yang dilakukan oleh setiap orang maupun perusahaan untuk menanggulangi kerugian-kerugian yang dapat ditimbulkan. Kita akan membahas masing-masing bagan tersebut dengan berbagai penjelasan dan contoh-contoh agar dapat mudah di pahami.
untuk lebih jelasnya tentang gambar diatas klik link dibawah ini :

Share on Google Plus
Written by: Janji Mustawa
Sanabila, Updated at: 5/13/2015