Tiga Ciri Pokok atau Prinsip Dari Seorang Wirausahawan | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Tiga Ciri Pokok atau Prinsip Dari Seorang Wirausahawan

Tiga Ciri Pokok atau Prinsip Dari Seorang Wirausahawan
Tiga Ciri Pokok atau Prinsip Dari Seorang Wirausahawan

Dalam dunia wirausaha, tentunya kita memiliki tujuan utama yaitu membuat usaha kita menjadi sukses dengan cara kerja keras dan kerja cerdas. Menjadi seorang wirausahawan tentunya kita harus memiliki keyakinan, tujuan yang jelas dan cara yang tepat untuk membuat usaha kita menjadi lebih maju. 

Berikut tiga ciri atau prinsip dari seorang wirausahawan, yaitu :

1. Membangun Usahanya Untuk Tumbuh

Seorang Entrepreneur adalah seorang yang 'moving forward', maju terus kedepan. Usahanya tumbuh dari waktu kewaktu, dari satu toko menjadi sepuluh, seratus, lalu seribu. Itulah yang membedakan entrepreneur dengan pedagang biasa. Jika mereka hanya sekedar membuka warung, berusaha seadanya, sekedar untuk hidup, maka mereka hanyalah pedagang biasa.

2. Bersahabat Dengan Ketidakpastian

Seorang wirausahawan adalah seorang yang membangun usahanya ditengah kerasnya persaingan usaha dan di tengah perubahan alam, politik, sosial dan ekonomi yang kompleks. Jadi, wajarlah bahwa ketidakpastian selalu melingkupi gerak usaha seorang wirausahawan. Namun, bagi seorang wirausahawan, ketidakpastian merupakan tantangan yang menarik buatnya untuk membuat pilihan-pilihan yang cerdas. Ketidakpastian dijadikan sebagai sahabat karena justru munculnya ide-ide kreatif dan inovatif sering kali ada di dalam konteks ketidakpastian itu.

3. Menjalankan Usaha yang Sesungguhnya

Seorang wirausahawan tidak akan tertarik untuk menjadi kaya secepat-cepatnya dengan cara semudah-mudahnya tidak peduli apakah caranya tersebut merugikan orang lain atau tidak. Wirausahawan menjadi kaya karena mendasarkan usahanya pada rasa saling percaya dengan seluruh mitra usahanya. Seorang wirausahawan tidak akan menipu mitranya demi mendapatkan keuntungan dengan cepat. 

Daftar Pustaka :

- Manajemen Praktis Kewirausahaan, Program Pengusaha Muda Mandiri. Oleh DR. M. Mufti Mubarok, M.Si.


Share on Google Plus
Written by: Sanabila. com
Sanabila, Updated at: 4/03/2015