Macam-macam Tipe Dalam Kewirausahaan Part 1 | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Macam-macam Tipe Dalam Kewirausahaan Part 1

Macam-macam Tipe Dalam Kewirausahaan Part 1

Seiring berkembangnya teknologi baru dalam kehidupan bermasyarakat, tentunya hal itu memiliki dampak positif bagi umat manusia. Umat manusia memiliki kesempatan untuk bisa merasakan barang dan jasa hasil ciptaan dari teknologi yang dahulu hanya bisa dirasakan oleh orang tertentu, seperti kalangan pejabat, dan orang kaya.

Dengan berkembangnya teknologi, maka berkembang pula kebutuhan-kebutuhan baru dalam kehidupan masyarakat. Kebutuhan-kebutuhan baru tersebut niscaya akan membukakan ruang-ruang kesempatan usaha yang baru. Muncul banyak wirausaha jenis baru yang tidak hanya menghasilkan barang dan jasa.

Berikut adalah tipe-tipe wirausaha baru yang muncul sejalan dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tipe wirausaha tersebut adalah Business entrepreneur, Creative entrepreneur, Technopreneur, dan Social entrepreneur.

A. Business Entrepreneur

Tipe paling mendasar dalam wirausaha adalah wirausaha bisnis, yaitu wirausaha yang bergerak dalam bidang produksi barang dan jasa serta pemasarannya. Banyak orang yang bertanya "apa bedanya pengusaha biasa dengan wirausahawan bisnis? padahal mereka melakukan hal yang sama, yaitu menghasilkan barang dan jasa serta memasarkannya."


Dalam pertanyaan tersebut, sanabila.com akan memberikan gambaran mengenai perbedaan pengusaha biasa dengan seorang wirausahawan.


Penguasaha Biasa
Wirausahawan Bisnis

Memiliki sebuah usaha
Memiliki sebuah usaha
Biasanya bermain aman
Tegas dan ambisius
Biasanya berorientasi laba
Berorientasi pelanggan
Mendapatkan usaha dari membeli, donasi, atau warisan
Mencipta idenya sendiri dan mengubahnya menjadi bisnis
Umumnya mengikuti pola yang sudah umum
Seorang inovator
Bekerja untuk perusahaan
Perusahaan bekerja untuknya
Biasanya merekrut orang untuk turut andil dalam menghasilkan laba
Merekrut orang untuk membuat hidup mereka lebih baik

Intinya perbedaan dari penguasaha biasa dan wirausahawan bisnis adalah bahwa penguasa biasa menjalankan bisnis di bidang yang sudah lazim dengan produk yang lazim pula, sedangkan wirausahawan bisnis membangun bisnisnya dari ide inovatifnya sendiri, serta lebih fokus pada kualitas produk dan kepuasan pelanggan ketimbang terlalu fokus pada laba.

B. Creative Entrepreneur

Creative entrepreneur adalah orang yang bergerak di bidang usaha menciptakan atau memanfaatkan pengetahuan dan informasi. Contohnya adalah orang yang bergerak di bidang pembuatan film, iklan, video game, penerbitan buku, musik, dan sebagainya.

Dalam semua bidang tersebut, yang menjadi modal utamanya adalah kreativitas dalam mencipta suuatu produk. Setiap produk yang dihasilkan oleh creative entrepreneur merupakan produk yang unik dan karena itu memiliki perjalanan hidupnya masing-masing.

Difinisi lain tentang creative entrepreneur yaitu dari seorang konsultan kebijakan, John Howkins. John Howkins mendefinisikan creative entrepreneur sebagai orang yang 'menggunakan kreativitas untuk memunculkan kekayaan di dalam diri mereka sendiri' ketimbang menggunakan modal eksternal.




Daftar Pustaka :
- Manajemen Praktis Kewirausahaan, Program Pengusaha Muda Mandiri. Oleh DR. M. Mufti Mubarok, M.Si.

Share on Google Plus
Written by: Sanabila. com
Sanabila, Updated at: 4/13/2015