Sejarah Bahasa Inggris | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Sejarah Bahasa Inggris

Sejarah Bahasa Inggris
Sejarah Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan salah satu golongan bahasa yang tergabung dalam india-eropa (the indo-european grup). Bahasa ini berasal dari india utara antara benua asia dan eropa beribu-ribu tahun yang lalu. Suku bangsa di daerah ini menyebar dan berpindah-pindah dari satu tempat ke ntemapt lain di benua eropa dan india. Bahasa Inggris ini mengalami perubahan secara radikal karena akulturasi budaya yang dibawa oleh pendatang dan budaya lokal yang sudah ada secara alamiah. 
   
Ketika orang romawi menaklukkan kerajaan inggris, pada saat itu penduduk asli inggris menggunakan bahasa keltik (celtic speaking country) sebagai bahasa resmi negara, selain itu masih banyak bahasa daerah yang digunakan disana seperti bretons, cornish, welsh, irish, manx, gaels. Orang-orang romawi yang menaklukkan Inggris pada waktu itu hanya memperkenalkan adat-istiadat dan hukum mereka sendiri ke pada mereka, namun tidak banyak mencampuri urusan bahasa disana.  Bahasa-bahasa pribumi orang-orang britania yang ada disana bukanlah awal atau dasar dari bahasa Inggris yang kita pelajari saat ini. Dasar bahasa Inggris modern malah datang dari orang-orang Jerman yang membawa bahasa mereka setelah Romawi meninggalkan tanah Inggris.

Orang-orang Jerman yang menjajah Inggris setelah bangsa Romawi tersebut melakukan kebijakan yang cukup radikal dengan mengusir orang-orang celtic (yang menggunakan bahasa celtic) ke tepi barat Inggris. Mereka membawa bahasa mereka (bahasa Jerman dengan berbagai versi) sendiri dan memaksakan bahasa mereka untuk digunakan oleh masyarakat Inggris. Setelah sekian lama mengalami akulturasi bahasa ini kemudian disebut dengan old english (anglo saxon).

Bahasa Inggris merupakan bahasa utama di negeri Inggris sampai tahun 1066 M karena pada tahun itu Duke William dari Normandia (perancis) menaklukan Inggris. Dia juga menerapkan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi di Inggris. Namun karena berbagai kesulitan komunikasi yang dihadapi karena populasi orang normandia disana sedikit sehingga mereka juga harus mempelajari bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan Masyarakat. Setelah 200 tahun dibawah kekuasaan Duke William dari Perancis bahasa Inggris telah mengalami banyak perubahan, meskipun dasar bahasa mereka adalah bahasa Jerman, namun ada beberapa kata dan ungkapan dalam bahasa Perancis yang digunakan dalam bahasa tersebut, Sehingga bahasa inggris ini mengalami perubahan dan sangat berbeda dari Old Inggris (anglo saxon) yang asli. Bahasanya menjadi lebih bebas walupun dari segi tata bahasa agak membingungkan karena pencampuran kedua bahasa tersebut.

Pada abad ke 16, para sarjana Inggris sangat yakin bahwa bahasa Inggris pada waktu itu tidak cukup banyak perbendaharaannya. Sehingga bahasa Inggris harus diperkaya dari luar. Banyak kata lain yang diambil dari bahasa latin dan bahasa Yunani untuk menambah pembendaharaan kata dalam bahasa Inggris. Sehingga, bahasa Inggris sekarang memiliki banyak pembendaharaan katanya. Demikianlah sejarah singkat bahasa Inggris yang kita pelajari sampai dengan saat ini.

Sampai dengan saat ini terdapat dua pusat pembelajaran dan pengembangan bahasa Inggris. Pertama, bahasa Inggris yang dipupuk, dipelihara, dipakai, dibina, dan dikembangkan di Inggris (bahasa Inggris asli) lazimnya disebut british english, atau dikenal dengan nama lain Received Pronunciation (RP). Kedua, bahasa Inggris yang dipupuk, dipelihara, dipakai, dibina, dan dikembangkan di Amerika Serikat atau lazimnya disebut American English atau dikenal dengan nama General American.

Ada beberapa perbedaan dalam bahasa inggris asli yang dikembangkan di Inggris dan bahasa Inggris Amerika yang dikembangkan di Amerika Serikat. Dalam bab selanjutnya sanabila.com akan membahas perbedaan-perbadaan tersebut. 

Share on Google Plus
Written by: Janji Mustawa
Sanabila, Updated at: 3/30/2015