Proses-proses Pembuatan atau Pembentukan Program Dalam Bahasa C | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Proses-proses Pembuatan atau Pembentukan Program Dalam Bahasa C

Proses-proses Pembuatan atau Pembentukan Program Dalam Bahasa C

Dalam  membuat suatu program, tentunya kita harus mengikuti step-step tertentu agar program yang kita buat dapat di compile dengan sempurna. Terdapat tiga buah proses untuk membentuk suatu program dengan menggunakan bahasa C, yaitu menuliskan kode program, melakukan kompilasi kode program, dan proses linkin.

1. Menuliskan Kode Program

Kode program adalah kumpulan kode yang digunakan untuk memberikan intruksi kepada komputer agar dapat mengeksekusi intruksi tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku. Kode program sering juga dinamakan dengan istilah ‘syntax’. Tentu saja, hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat suatu program adalah menulis kode program sesuai dengan permasalahan yang ingin kita buat. Contohnya, berikut ini contoh kode program dalam bahasa C.
printf("Hello World");
Intruksi di atas akan menampilkan teks “Hello World” di layar monitor Anda. Intruksi atau perinrah printf akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Dalam menulis suatu kode program dalam bahasa C, tentunya Anda menggunakan teks editor untuk menulis program Anda lalu mengkompilasinya. Anda dapat menggunakan program-program kompilator C yang sudah menyediakan built-in editor untuk keperluan penulisan dan mengkompilasi kode program yang akan kita buat sehingga kita tidak perlu menuliskannya dengan editor lain di luar kompilator.

2. Melakukan Kompilasi Kode Program

Pada tahap pertama tadi, komputer belum mengetahui arti kode-kode program yang Anda tulis dalam bahasa C tersebut karena komputer hanya mengenal instruksi-instruksi biner yang dikenal dengan bahasa mesin. Maka dari itu kita membutuhkan suatu program yang dapat menerjemahkan kode program tersebut ke dalam bahasa mesin. Program seperti inilah yang dinamakan dengan kompilator (baca : Pengenalan dan Pelajaran Dasar Mengenai Bahasa C). 

Banyak sekali kompilator yang tersedia diinternet, seperti devC++ dan bahkan sekarang ada kompilator online. Selain itu, didalam sistem operasi terdapat juga software kompilasi, seperti pada Microsoft terdapat Microsoft C, Borland C, dan Turbo C. Berikut ini disajikan tabel yang berisi cara untuk melakukan kompilasi sesuai dengan beberapa kompilator C dalam Microsoft yang sering digunakan. Sebagai contoh di sini kita memiliki kode program yang telah disimpan dalam file coba.c.


Proses-proses Pembuatan atau Pembentukan Program Dalam Bahasa C


Apabila Anda menggunakan sistem operasi Unix atau Linux, maka Anda dapat melakukan kompilasi kode program tersebut dengan menggunakan kompilator cc atau  gcc, yaitu dengan cara menuliskan perintah seperti cc coba.c  atau gcc coba.c 

3 Proses Linking

Proses linking ini maksudnya adalah proses menghubungkan suatu kode program yang sudah di compile. Proses ini akan dilakukan secara internal pada saat selesai proses kompilasi.
Pada program di atas, misalkan kita menggunakan fungsi printf() yang merupakan fungsi pustaka (library function) yang telah disediakan oleh kompilator dalam file <stdio.h> (baca : Pengertian dan Macam-macam File Header (*.h) Dalam Bahasa C Beserta Fungsinya). Di sini berarti kita menggunakan file lain untuk menjalankan kode program kita. Maka dari itu, file objek yang dihasilkan dari proses kompilasi di atas akan dikombinasikan atau dihubungkan dengan kode objek dari library function bersangkutan. Hal inilah yang disebut dengan proses linking. Adapun proses semacam ini dilakukan oleh program yang dinamakan dengan linker.
Daftar Pustaka :

- Cara Mudah Mempelajari Pemrograman C & Implementasinya. Oleh I Made Joni Budi Raharjo. Diakses pada tanggal 26 maret 2015 jam 6.20 WIB.

Share on Google Plus
Written by: Sanabila. com
Sanabila, Updated at: 3/26/2015