Pengenalan dan Pelajaran Dasar Mengenai Bahasa C | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Pengenalan dan Pelajaran Dasar Mengenai Bahasa C

Pengenalan dan Pelajaran Dasar Mengenai Bahasa C
Pengenalan dan Pelajaran Dasar Mengenai Bahasa C

Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman di dunia komputer. Bahasa C merupakan awal mula dari semua bahasa pemrograman seperti C++, pascal, dan lain sebagainya. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai perbedaan-perbedaan antara bahasa C, C++, dan pascal. Selain itu, jika Anda masih penasaran dengan sejarah dan perbedaan bahasa C dengan C++, kami juga sudah menulisnya untuk Anda (baca : Perbedaan dan penjelasan dasar tentang bahasa C/C++).

Bahasa C adalah bahasa pemrograman yang fleksibel dan telah banyak digunakan oleh para programmer profesional untuk mengembangkan program-programnya. Namun, sebelum Anda belajar lebih dalam mengenai bahasa C dan cara penggunaannya, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu komponen dan pengetahuan dasar tentang ilmu pemrograman di dunia komputer.


Apa Itu Program Komputer ?

Program komputer adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk keperluan-keperluan aplikatif tertentu di berbagai bidang. Perangkat lunak tersebut sebenarnya merupakan kode-kode program yang ditulis dengan salah satu bahasa pemrograman tertentu dan telah dikompilasi melalui kompilator yang sesuai dengan bahasa pemrograman tersebut, misalkan untuk bahasa C/C++ kita bisa menggunakan compilator devc++. Dengan demikian, untuk membuat sebuah perangkat lunak atau ‘program’, kita tentu harus memiliki keahlian dengan menguasai salah satu bahasa pemrograman tertentu.

Apa Itu Kompilator ?

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa untuk membuat suatu program diperlukan sebuah kompilator. Apa itu kompilator? Kompilator (compiler) dapat diartikan sebagai penerjemah bahasa pemrograman, maksudnya adalah kumpulan kode program tersebut ditulis dalam suatu bahasa pemrograman tertentu dan akan diterjemahkan oleh kompilator ke dalam bahasa assembly (mengganti kode biner dari bahasa mesin), yang selanjutnya akan diterjemahkan lagi menjadi kode objek sehingga perintah-perintahnya akan dikenali oleh komputer (dalam hal ini mesin). Dengan demikian komputer akan dapat merespon permintaan kita dengan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang kita perintahkan didalam bahasa pemrograman tersebut. 

Bahasa pemrograman hanya bisa di compile dengan compilernya masing-masing. Sebagai contoh, Anda tidak dapat melakukan kompilasi program yang ditulis dalam bahasa C di dalam kompilator Pascal, begitupun sebaliknya. Namun, untuk semua kompilator C++, selain digunakan untuk mengkompilasi program C++, Anda juga bisa melakukan kompilasi terhadap kode-kode program yang ditulis dalam bahasa C.

Apa Itu Bahasa Pemrograman ?

Bahasa pemrograman adalah suatu kumpulan perintah yang siap dieksekusi. Untuk mempelajari salah satu bahasa pemrograman tertentu, tentunya kita tidak hanya menghafal semua keyword (kata kunci) yang ada di dalamnya, namun kita juga perlu untuk memahami fungsi dan aturan penggunaannya.

Sekarang ini banyak sekali bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk
mengembangkan suatu perangkat lunak, diantaranya bahasa C, C++, Pascal, Java dan lain sebagainya. Bahkan untuk pembuatan pemrograman visual pun, telah banyak tersedia perangkat lunak seperti C++Builder, Delphi, JBuilder, Visual C++ dan lain sebagainya.

Alasan Menggunakan Bahasa C ?

Banyak sekali bahasa permograman tingkat tinggi seperti Pascal, BASIC, COBOL dan lain sebagainya. Namun, sebagian besar dari para programmer profesional masih tetap memilih bahasa C sebagai bahasa untuk membuat programnya, berikut ini alasan-alasannya:
  • Bahasa C merupakan bahasa yang fleksibel, artinya Anda dapat membuat berbagai program dengan bahasa C ini. Misalnya, pembuatan sistem operasi, pengolah kata, pembuatan game dan lain sebagainya.
  • Bahasa C merupakan bahasa yang portabel, artinya dapat dijalankan di beberapa sistem operasi yang berbeda. Misalnya, contoh program yang kita buat di Windows dapat kita kompilasi juga di Linux dengan sedikit ataupun tanpa perubahan sama sekali. 
  • Bahasa C merupakan bahasa yang sudah populer, artinya banyak digunakan oleh para programmer berpengalaman, sehingga library (pustaka) dan aksesoris program lainnya telah banyak disediakan oleh pihak lain dan dapat diperoleh dengan mudah. 
  • Bahasa C merupakan bahasa yang bersifat modular, artinya bahasa terebut tersusun atas modul tertentu yang dinamakan dengan fungsi (function) dan fungsi-fungsi tersebut dapat digunakan kembali untuk pembuatan program-program lainnya tanpa harus menulis ulang implementasinya. (baca : Penjelasan tentang pemrograman modular)
  • Bahasa C merupakan bahasa tingkat menengah, artinya bahasa tersebut mudah untuk melakukan interfacing (pembuatan program antar muka) ke perangkat keras (hardware). 

Daftar Pustaka :

- Cara Mudah Mempelajari Pemrograman Implementasinya. Oleh I Made Joni Budi Raharjo. Diakses pada tanggal 24 maret 2015 jam 18.15 WIB.

Share on Google Plus
Written by: Sanabila. com
Sanabila, Updated at: 3/24/2015