6 (enam) logical unit (sections) dalam organisasi komputer | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

6 (enam) logical unit (sections) dalam organisasi komputer

6 (enam) logical unit (sections) dalam organisasi komputer
6 (enam) logical unit (sections) dalam organisasi komputer

6 (enam) logical unit (sections) dalam organisasi komputer - Tanpa melihat perbedaan tampilan fisik di tiap komputer, sebenarnya setiap komputer dibuat dengan pembagian ke dalam enam logical unit atau sections. Enam logical unit tersebut antara lain :

1. Input Unit
Ini adalah bagian 'penerima' di dalam komputer. Bagian ini berisi informasi (data dan program komputer) dari berbagai input devices dan menempatkan informasi ini di pembuangan unit lain sehingga informasi dapat diproses. Contoh : Keyboard, Banyak informasi yang dimasukkan ke dalam komputer melalui keyboard.

2. Output Unit

Ini adalah bagian 'pengiriman' di dalam komputer. Bagian ini mengambil informasi yang diproses oleh komputer dan menempatkan berbagai output devices untuk membuat informasi tersebut tersedia untuk digunakan diluar komputer. Contoh : Print, Membuat print out informasi yang ada di dalam komputer.

3. Memory Unit

Ini adalah bagian akses cepat, low-capacity 'warehouse' di dalam komputer. Bagian ini dapat menyimpan informasi yang dimasukkan oleh input unit, jadi informasi tersebut dapat diakses di kemudian hari ketika dibutuhkan. Bagian ini juga menyimpan informasi yang sudah diproses hingga informasi tersebut bisa diakses oleh ouput devices. Memory unit sering kali disebut dengan memory atau primary memory.

4. Arithmetic and logical unit (ALU)

Ini adalah bagian 'Manufacturing (produksi)' di dalam komputer. Bagian ini yang bertanggung jawab terhadap performa perhitungan seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Bagian ini juga berisi mekanisme perizinan dalam komputer. Contohnya : Membandingkan dua item dari memory unit untuk menentukan apakah mereka sama atau tidak.

5. Central Processing Unit (CPU)

Ini adalah bagian 'Administrative (Pengelola)' di dalam komputer. Bagian ini adalah sebagai koordinator komputer dan bertanggung jawab untuk mengawasi operasi di bagian sections (bagian) yang lain. CPU memberitahukan input unit ketika informasi harus dibaca oleh memory unit, memberitahukan ALU ketika informasi dari memory unit harus digunakan dalam perhitungan, dan memberitahukan output unit ketika mengirim informasi dari memory unit ke ouput devices.

6. Secondary Storage Unit

Ini adalah bagian long-term, high-capacity 'warehouse' di dalam komputer. Program atau data yang tidak aktif digunakan oleh unit lain akan ditempatkan ke dalam secondary storage devices (seperti disk) hingga mereka dibutuhkan lagi, mungkin satu jam lagi, satu hari lagi, satu bulan lagi, bahkan satu tahun lagi.


Share on Google Plus
Written by: Sanabila. com
Sanabila, Updated at: 3/09/2015