Sejarah, Pengertian dan Tingkatan Skor TOEIC (Test of English for International Communication) | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Sejarah, Pengertian dan Tingkatan Skor TOEIC (Test of English for International Communication)

Pengertian, contoh, dan jenis-jenis Adjective Degree of Comparison
Sejarah, Pengertian dan Tingkatan Skor TOEIC (Test of English for International Communication)

TOEIC merupakan salah satu jenis tes untuk standarisasi kemampuan bahasa Inggris seorang. Berbeda dengan TOEFL ataupun IELTS, TOEIC ini digunakan untuk orang-orang yang ingin bekerja di luar negeri maupun perusahaan internasional, karena test ini berikan tentang semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan di sebuah perusahaan. Salah satu penyelenggara tes TOEIC ini adalah ETC (Educational Testing Service) yang biasanya bekerjasama dengan Universitas-universitas di Indonesia.

Figur utama pencetus tes TOEIC ini adalah seseorang berkebangsaan Jepang, Yasuo Kitoka. Pada tahun 1970, Kitoka mengusulkan kepada ETS untuk membuat soal tes berbasis bisnis bagi para pekerja Jepang yang bekerja di perusahaan internasional. ETS mulai mengembangkan tes TOEIC pada tahun 1977 dan tes TOEIC pertama kali dilakukan di Jepang pada tahun 1979.[i] Sampai dengan saat ini tes TOEIC masih menjadi salah satu syarat bagi perusahaan internasional untuk merekrut karyawan dan beberapa Universitas dalam merekrut calon mahasiswa atau penerima beasiswa.

Tes TOEIC ini secara material menggunakan kertas dan lembar jawaban yang diisi dengan menggunakan pensil 2b, terdiri dari 200 soal yang terdiri dari 2 (dua) sesi yaitu reading dan listening yang harus diselesaikan dalam waktu  2 jam. Skor maksimal yang dapat di peroleh adalah 990.

1. Listening 
Dalam listening tes TOEIC anda diperdengarkan sejumlah pertanyaan dan percakapan singkat dalam bahasa inggris yang terdiri dari 4 (empat) bagian, dan peserta diminta menjawab berdasarkan informasi yang didengar. Pada sesi ini peserta diharuskan menjawab soal dalam waktu 45 menit.

Part 1: Gambar (Photographs) terdiri dari 10 soal.
Part 2: Pertanyaan – respon (Question and Responses) terdiri dari 30 soal.
Part 3: Percakapan ringkas (Short Conversations) terdiri dari 30 soal.
Part 4: Dialog singkat (Short Talks) terdiri dari 30 soal.

2. Reading
Peserta akan membaca berbagai material dan diminta menjawab pertanyaan berdasarkan  isi bacaan. Pada sesi ini peserta diharuskan menjawab semua soal dalam waktu 75 Menit.

Part 5: Kalimat tidak sempurna (Incomplet Sentences) teridiri dari 40 soal.
Part 6: Mencari kesalahan kalimat (Error Recognitions) terdiri dari 12 soal.
Part 7: Membaca (Reading Comprehensions) terdiri dari 48 soal.

Berikut adalah tabel perbandingan nilai dan tingkatan pada tes TOEIC :

Tabel skor tes TOEIC
Tabel skor tes TOEIC
Kami akan membahas lebih mendalam terkait dengan tes TOEIC ini pada artikel yang berbeda di sanabila.com, akan ada juga contoh soal dan tips dan trick dalam menjawab soal TOEIC ini.

Baca Juga :
1. Pengertian dan contoh Listening Test TOEIC
2. Pengertian dan contoh Reading Test TOEIC
3. Contoh Soal dan Jawaban Test TOEIC
4. Tips And Tricks Listening Test TOEIC
5. Tips And Tricks Reading Test TOEIC



[i] Abiqueta3. Memahami Apa Itu Test TOEIC diakses di https://simaksejenak.wordpress.com/2013/01/23/memahami-apa-itu-test-toeic/. Pada tanggal 8 februari 2015, jam 10.30

Share on Google Plus
Written by: Janji Mustawa
Sanabila, Updated at: 2/08/2015