Pengertian, nilai, dan struktur soal dalam International English Language Testing System (IELTS) | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Pengertian, nilai, dan struktur soal dalam International English Language Testing System (IELTS)

Pengertian, contoh, dan jenis-jenis Adjective Degree of Comparison
Pengertian, nilai, dan struktur soal dalam International English Language Testing System (IELTS)

International English Language Testing System (IELTS) adalah tes bahasa Inggris yang diakui secara internasional dan dirancang khusus dengan suatu sistem penilaian yang adil untuk menguji kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris. IELTS merupakan salah satu syarat untuk dapat melanjutkan pendidikan atau bekerja di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, biasanya IELTS ini digunakan pada Universitas dan perusahaan yang berlatar belakang Inggris dan negara-negara persemakmurannya. Namun, seiring dengan berjalanya waktu jenis Tes ini dapat digunakan juga di Amerika dan negara-negara lain. Tes ini memberi kesempatan pada untuk mengukur kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris yang terdiri dari Listening, Reading, Writing, dan Speaking. 

IELTS yang pertamakali diperkanalkan di inggris yang diselenggarakan oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Educational Australia menggunakan struktur dan kalimat bahasa Inggris dengan gaya British bukan amerika, inilah yang menjadi salah satu pembeda antara IELTS dan TOEFL. Walaupun pada dasarnya keduanya gaya bahasa ini relatif sama. namun, ada beberapa ejaan, idiom dan logat yang berbeda diantara keduanya.    

Struktur soal dalam IELTS terdiri dari :

  • Listening (30 menit)
Peserta akan mendengarkan berbagai jenis cuplikan audio pendek dan harus menjawab pertanyaan secara langsung sambil mendengar audio.

  • Reading (60 menit)
Peserta akan mendapatkan 3 teks bacaan dengan pertanyaan campuran.

  • Writing (60 menit)
Terdapat dua sesion dalam writing, yang pertama peserta harus membuat esai yang terdiri dari 200-250 kata, dan dalam bagian kedua peserta harus menyimpulkan pendapatan dari sebuah informasi grafik.

  •  Speaking (11-15 menit)
Peserta akan berbicara dengan seorang penilai secara langsung (face to face) dengan durasi 12-14 menit dimana akan ditanya berberapa pertanyaan tentang diri kamu dan tentang sebuah topik diskusi.

Peserta dalam tes IELTS ini harus mengerjakan soal di komputer yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara. IELTS memiliki rentang skor antara 0-9 sebagai skor maksimalnya. Para peserta harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk mengikuti tes ini sebesar $195. Lembaga penyelenggaran tes IELTS resmi di Indonesia adalah:


Struktur Nilai Dalam IELTS
Struktur Nilai Dalam IELTS


Share on Google Plus
Written by: Janji Mustawa
Sanabila, Updated at: 2/08/2015