Sejarah Internet | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Sejarah Internet

Sejarah Internet
Sejarah Internet

Internet bermula pada tahun 1969 pada saat didirikannya ARPA (advance research project agency), sebuah badan yang dibentuk pada tahun 1958 oleh Amerika yang terdiri dari peneliti dan teknisi dari universitas dan laboratorium yang ada di amerika.[i] Badan ini dibuat oleh Amerika untuk menandingi para ilmuan rusia yang sudah dapat menguasai satelit, ARPA kemudian membuat suatu jaringan komputer yang diberi nama ARPANET. Dengan adanya ARPANET para peneliti dan pekerja di segala penjuru Amerika tidak harus berada dalam satu lokasi, sehingga penelitian tersebut dapat terintegrasi satu sama lain untuk kemajuan teknologi di Amerika.

ARPANET menggunakan kabel telephone dalam mentransimiskan jaringan-jaringan agar saling terhubung. Namun pada saat itu ARPANET bukan untuk masyarakat umum, hanya kalangan pekerja dan peneliti saja yang dapat menggunakan jaringan ini. Untuk mempercepat proses transmisi data ARPANET bekerja sama dengan Novel, sebuah perusahaan yang dapat membuat paket switching, yang dapat mememecah data menjadi bagian kecil-kecil kemudian kembali bersatu ketika mencapai tempat tujuan.

Sejarah internet kemudian berlanjut pada tahun 1971. Pada tahun tersebut jumlah komputer yang terhubung ke ARPANET mencapai 14 buah. Pada tahun ini pulalah Protokol Telnet dan FTP berhasil dibangun. Pada tahun 1972 larry Roberts dan Bob Kahn mengenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang diselenggarakan di Washignton. Pada tahun 1972 Ray Tomliinson menulis program yang memungkinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Beliaulah yang merancang konversi “user@host.” Pada tahun ini pula ARPANET menggunakan NCP untuk menstransfer data. Pada tahun yang sama ARPA beruah nama menjadi DARPA. Tambahan huruf D berasal dari kata Defense. Pada tahun ini ARPANET melakukan koneksi international yang pertama dengan University College of London dan Royal Establishment di Norwegia. Pada tahun 1978 Unix to Copy Protocol ditemukan di Labolatorium Bell. Program ini berguna untuk melakukan file transfer.[ii]

Gambar 1
Gambar Jaringan yang dibuat ARPANET

Sejarah Internet

Sumber: http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Berkas:Arpnet-map-march-1977.png

Pada tahun 1972, email mulai dipergunakan di Amerika. Dengan email, peneliti dapat lebih mudah untuk menggirim data informasi, sehingga menyebabkan traffic penggunaan yang ada di dalam networking semakin padat dan dan tinggi. Oleh sebab itu, 1 januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari internet yang kita kenal hari ini.

Selanjutnya : Cara Kerja Internet





[i] Darma dkk, buku pintar menguasai internet. (Jakarta selatan:Mediakita),2009, hal 2.
[ii] Sejarah Internet,  di akses di http://www.artikeltik.com/sejarah-internet.html. Tanggal 14 januari 2014, Jam 21.00 WIB.

Share on Google Plus
Written by: Sanabila. com
Sanabila, Updated at: 1/14/2015