Cara Kerja Internet | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Cara Kerja Internet

Cara Kerja Internet
Cara Kerja Internet
Cara Kerja Internet merupakan hal yang harus kita ketahui sebelum kita menggunakannya. Internet merupakan ladangnya informasi dan ilmu pengetahuan dan kita bisa mengaksesnya tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dunia telekomunikasi di dunia sangan berkembang pesat dengan ditemukannya internet sekitar tahun 1970an di Amerika. Artikel pertama blog ini telah menulis bagaimana sejarah internet dan perkembangannya. Pada artikel yang kedua ini, kita akan membahas tentang cara kerja internet dan apa saja yang dibutuhkan untuk menggunakannya.

Cara kerja internet
Cara Kerja Internet
Sumber : Bagus anjari. Cara Kerja Internet, diakses di http://sungai-guntung.blogspot.com/2011/08/cara-kerja-internet.html. Pada tanggal 15 januari 2015. Jam 16.00 WIB


Cara kerja internet adalah sebagai berikut:

1. Server client
Komputer atau hp, akan terhubung ke internet (on-line) jika komputer tersebut terhubung dengan serverServer adalah komputer yang mengirim data baik dari maupun ke dalam internet. Para pengguna yang meminta informasi dari server disebut client. Komputer yang kita gunakan (client) untuk mengakses internet harus meminta informasi dari ISP (Internet Server Provider) yang disebut server. Maka, alat yang pertama harus dimiliki untuk terhubung ke Internet adalah seperangkat Komputer, Handphone dengan teknologi terbaru, dan lain-lain, serta terhubung dengan ISP yang jumlahnya cukup banyak di Indonesia.


2. Satelit atau menara pemancar
Satelit atau menara pemancar disini digunakan oleh server sebagai alat untuk mempercepat transmisi data yang akan digunakan oleh pengguna internet (client).


3. Modem atau router
Bagaimana server dan client dapat terhubung? modem atau router adalah alat penghubungnya. Jika yang digunakan hanya satu komputer maka tinggal menggunakan modem sebagai penghubung, jika pengguna internetnya banyak maka harus menggunakan alat tambahan yang disebut router.


4. Protokol
sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.[i] Sangat banyak sekali jumlah protokol yang ada di dunia sekarang ini dengan kegunaan yang berbeda-beda. Namun yang biasa kita temui jika kita menggunakan internet maka akan diawali http:// yang merupakan cara kerja dari WWW (World Wide Web).


5. IP
IP adalah singkatan dari Internet Protocol seperangkat aturan yang mengatur aktivitas internet dan memfasilitasi penyelesaian berbagai tindakan pada World Wide Web. Oleh karena itu alamat IP adalah bagian sistematis ditata jaringan interkoneksi yang mengatur komunikasi online dengan mengidentifikasi kedua perangkat memulai dan berbagai tujuan Internet, sehingga memungkinkan kedua perangkat dapat saling berkomunikasi.[ii] Sedangkan IP Address merupakan alamat numerik yang digunakan oleh pengguna dalam mengirim informasi dari komputer satu dengan komputer lainnya. IP Address memberikan informasi dari mana paket informasi berasal dan akan ditujukan kemana. Biasanya IP Address  terdiri dari 4 (empat) deret angka yang dipisahkan oleh titik (.). contoh: 123.456.789.0


6. Browser
Untuk menterjemahkan informasi yang diberikan dan yang diminta client ke server maka haru menggunakan browser. Banyak sekali browser yang ada sekarang ini dan dapat diinstal ke komputer anda seperti Mozilla, Opera, google chrome dan sebagainya.




[i] Khilmi zhulfa. Jenis - Jenis Protokol dan Fungsinya Pada Jaringan Komputer. Diakses di http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2013/06/24/jenis-jenis-protokol-dan-fungsinya-pada-jaringan-komputer-571903.html. Tanggal 15 Januari 2015. Jam 17.00 WIB
[ii] Pengertian IP Address pada jaringan komputer. Diakses di http://pacarita.com/pengertian-dan-fungsi-ip-address-pada-jaringan-komputer-dan-internet.html. Tanggal 15 Januari 2015. Jam 17.10 WIB

Share on Google Plus
Written by: Sanabila. com
Sanabila, Updated at: 1/15/2015