Berbagai Macam Cara Yang Digunakan Untuk Koneksi Komputer Ke Internet | Web Edukasi - Sanabila.com

Home

Daftar Isi

Instagram

Google+

Facebook

Twitter

Contact

Pasang Iklan

Refresh
Loading...

Berbagai Macam Cara Yang Digunakan Untuk Koneksi Komputer Ke Internet

Berbagai Macam Cara Yang Digunakan Untuk Koneksi Komputer Ke Internet
Cara Koneksi Komputer Ke Internet

Berbagai Macam Cara Yang Digunakan Untuk Koneksi Komputer Ke Internet - Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta semakin seringnya komunikasi yang dilakukan manusia di era globalisasi, menyebabkan banyak orang menggunakan fasilitas internet untuk menunjang kehidupan mereka. Berhubungan jarak jauh, biaya relatif terjangkau, dan efektifitas penggunaan menjadi nilai lebih dari penggunaan Internet. Terkadang kita sering melakukan koneksi di sembarang tempat namun kita tidak mengetahui dengan cara apa kita dapat koneksi ke jraingan tersebut. Berikut adalah cara koneksi di internet yang paling sering kita gunakan :

1. Menggunakan Dial-up

Dial Up adalah jenis komunikasi antar komputer dengan menggunakan saluran telepon dan modem. Prosesnya seperti ini: komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet.[i] Jika komputer anda sudah terhubung maka komputer akan segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon. Layanan Dial-up masih banyak dipergunakan orang. Karena, faktor geografis dan biaya menjadi penentu kecepatan koneksi ke internet.
Cara Yang Digunakan Untuk Koneksi Komputer Ke Internet
Cara Untuk Koneksi Komputer Ke Internet

Secara umum untuk melakukan koneksi internet kita harus melakukan beberapa tahapan yaitu:
  1. Berlangganan ISP (Internet service provider) 
  2. Memasang modem ke komputer 
  3. Meng-instal softwere internet yang disediakan oleh ISP 
  4. Menghubungkan komputer (dial up) ke ISP

Akses seperti ini masih menggunakan modem analog sehingga kecepatan akses sangat minim hanya kisaran 64 kb sampai 128 kbps. Metode ini tidak disarankan untuk menjadi hotspot dikarenakan kecepatannya rendah dan sebaiknya hanya untuk satu komputer saja.[ii] ISP yang menggunakan metode seperti ini adalah Telkomnet Instan dan D-net.

2. Menggunakan handphone

Kita juga bisa mengakses internet dengan menyambungkan antara handphone dengan komputer. Yang dibutuhkan cukup sederhana diantaranya adalah :

  • Handphone harus memiliki kabel data. 
  • Jika tidak memiliki kabel data, pilih handphone yang mempunyai bluetooth atau infrared dan anda juga harus memiliki komputer yang mempunyai bluetooth atau infrared. Pada umumnya koneksi melalui kabel data lebih cepat dibanding dengan koneksi yang melalui bluetooth atau infrared. 
  • Handphone harus memiliki fasilitas internet. Salah satu ciri handphone memiliki koneksi adalah ada aplikasi bernama web . 
  • Beberapa handphone memiliki aplikasi bawaan dari produsen handphonenya sendiri. Contoh: Nokia dengan Nokia Pcsuite dll. 
  • Instalah alikasi bawaan ini di PC kemudian ikuti panduannya agar komputer anda dapat terkoneksi dengan handphone yang berlaku sebagai modem. 
  • Kelima syarat inilah yang harus dipenuhi agar komputer anda dapat terkoneksi melalui handphone.
 

3. Menggunakan Modem

Semakin berkembangnya teknologi dengan hadirnya 3G dan CDMA, menjadikan banyak modem mobile yang beredar di pasaran. Dengan kecepatan maksimal 3.5G (HSDPA). Modem ini biasanya digunakan untuk ISP Broadband, seperti telkomsel flash, indosat M2 dll. Modem tipe ini dapat terhubung langsung dengan komputer maupun laptop anda melaui USB port dengan diisi oleh sim card berbagai provider di dalamnya. Sebelum digunakan biasanya anda harus menginstall terlebih dahulu aplikasi yang dibawa oleh modem tersebut.

4. Menggunakan Hotspot/wifi

Wi-Fi, adalah singkatan dari wireless fidelity, merupakan pengembangan dari istilah Hi-Fi, sebuah teknologi jaringan nirkabel yang digunakan di seluruh dunia. Wi-Fi mengacu pada sistem yang menggunakan standar 802.11, dikembangkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dan dirilis pada tahun 1997. Istilah Wi-Fi adalah sebagai alternatif WaiFi, Wai-fi, Waifi, atau waifi, didorong oleh Aliansi Wi-Fi, sebuah kelompok perdagangan yang dirintis komersialisasi teknologi.[iii]

Bagi anda yang memiliki laptop atau handphone yang dapat menangkap sinyal wifi dapat langsung menggunakannya di berbagai wilayah di Indonesia. Karena wifi ini dianggap sangat praktis dan dapat digunakan oleh siapa saja di wilayah yang terjangkau oleh wifi.





[i] Pratama, felix. Penegertian dial up. Diakses di http://www.academia.edu/7843924/Pengertian_Dial_Up_Dial_Up_adalah_Dial_Up_yaitu_Dial_Up_merupakan_arti_Dial_Up_Definisi_Dial_Up. Tanggal 15 januari 2015. Jam 19.00
[ii] Darma dkk, buku pintar menguasai internet. (Jakarta selatan:Mediakita),2009, hal 6.
[iii] Tahukah anda wifi itu. Diakses di http://agussale.com/tahukah-anda-apa-itu-wi-fi. Tanggal 15 januari 2015. Jam 19.30



Share on Google Plus
Written by: Sanabila. com
Sanabila, Updated at: 1/15/2015